Tim Rangkayo Pingai yang beranggotakan mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Universitas Jambi berhasil menduduki peringkat 8 besar dalam ‘Kontes Robot Indonesia 2022’ yang diselenggarakan secara hybrid oleh Pusat Prestasi Nasional (PUSPRESNAS) di Institut Teknologi Sepuluh November dan secara daring di perguruan tinggi masing-masing, Rabu.


Kontes Robot Indonesia 2022 memiliki dua cabang divisi lomba, pertama, divisi kontes robot SAR Indonesia tingkat wilayah satu yang diikuti oleh 47 tim. Kedua, divisi kontes robot sepak bola Indonesia tingkat wilayah satu yang diikuti oleh 25 tim. 

Tim KRSRI Rangkayo Pingai Teknik Elektro Unja berhasil masuk  10 besar, lebih tepatnya di posisi ke 8 regional.

Singgih Jiwo Pamrahayu, mahasiswa Prodi Teknik Elektro angkatan 2018, salah satu anggota yang tergabung ke dalam tim KRSRI Rangkayo Pingai menceritakan motivasinya mengikuti kontes robot tersebut, persiapan yang dilakukan, serta harapan kedepannya setelah berhasil menduduki peringkat 8 besar.

“Motivasi awal agar bisa berkontribusi untuk menyalurkan bakat di bidang teknologi khususnya robotika. Persiapan yang dilakukan berupa riset mengenai teknologi robot, membangun dan mempersiapkan mekanik robot, membangun dan mempersiapkan arena robot, dan merancang algoritma robot. Harapan kedepannya semoga bisa menjaga kekompakan tim, lebih giat dalam melakukan riset teknologi terkait robot yang digunakan, serta meningkatkan semangat bersaing dan yakin pasti juara,” ujar Singgih.

Ketua Prodi Teknik Elektro Unja, Samratul Fuady S.T., M.T. mengungkapkan dukungan dan harapannya dengan pencapaian yang telah diraih Tim KRSRI Rangkayo Pingai.

“Saya sangat bangga dengan prestasi yang diperoleh oleh tim robotika Rangkayo Pingai Unja di Kontes Robot Indonesia tingkat regional. Kami berterima kasih untuk dukungan dari Unja, alhamdulillah tim robotika Unja bisa memberikan penampilan yang sangat baik di ajang ini. Mudah-mudahan kedepannya prestasi tim robotika UNJA semakin meningkat dan menjadi motivasi mahasiswa-mahasiswa Unja untuk terus berprestasi,” ujar beliau.

 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022