Seorang wanita di Jambi baru menyadari bersuamikan seorang perempuan saat sidang di pengadilan padahal sudah sepuluh bulan telah terikat nikah siri.

Wanita berinisial NA (28)  warga Kota Jambi baru tahu bahwa suaminya yang mengaku seorang dokter bernama AA alias Eyn (28) adalah seorang perempuan. Itupun baru terungkap pada saat yang bersangkutan menjalani proses hukum di Polresta Jambi dan juga terungkap di persidangan kasus pemalsuan dokumen saat persidangan di Pengadilan Negeri Jambi.

"Benar ada seorang wanita di Jambi berinsial NA mengaku jika menikah dengan seorang pria yang ternyata adalah seorang perempuan dan kasusnya terbongkar setelah NA jadi saksi sidang dalam kasus penipuan gelar akademis di Pengadilan Negeri Jambi yang terdakwanya adalah suaminya sendiri Ahnaf alias Eyn," kata Jaksa penuntut umum, Sukmawati Kamis.

Jaksa mengatakan, untuk saat ini kasus yang disidangkan adalah perkara pemalsuan dokumen berharga berupa ijazah. Sedangkan kasus pemalsuan identitas masih diselidiki kepolisian dan menunggu sidang kasus ini selesai baru perkara lainnya menyusul.

Pelaku AA atau Eyn cukup piawai menyembunyikan jadi dirinya, selama 10 bulan menjalani rumah tangga dengan NA. Keduanya bahkan  merencanakan pernikahan secara resmi pada Oktober 2021 dan sudah sudah praweeding namun gagal karena keburu terjerat hukum tersebut.

Jaksa penuntut umum Sukmawati juga mengatakan dalam perkara pemalsuan dokumen resmi atau ijazah ini diawal pernikahan mereka, dimana orang tua NA memang tidak curiga setelah terdakwa mengaku identitasnya hilang.

"Sesuai dengan surat nikah siri mereka berdua, terdakwa AA alias Eyn mengaku sebagai laki-laki," kata Jaksa Sukmawati.

Pihak keluarga  melaporkan justeru karena perkara lain karena Eyn sempat meminjam uang kepada orang tua korban untuk membeli obat orang tua terdakwa, namun sakitnya tidak kunjung sembuh, karena merasa curiga kemudian  melaporkan pelaku ke polisi. AA sembat kabur  ke Sumatera Selatan sambil membawa NA namun akhirnya ditangkap polisi, kata Sukmawati..

Sementara itu ditempat terpisah, korban NA akhirnya bercerita jika suami yang dinikahi nya secara siri itu adalah perempuan bukan laki-laki. Saat bercerita, psikologis NA sepertinya terpukul karena bagaimana tidak suami yang dikiranya laki-laki ternyata adalah wanita tulen bernama Eyn.







 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022