Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jambi kembali mengeluarkan rillis prediksi sebagian wilayah di Kabupaten Batanghari masih terjadinya hujan atau mengalami peralihan musim.

"Untuk beberapa hari ini di Batanghari memang masih terjadi hujan dan dari prediksi BMKG ini akan berlangsung hingga Rabu 29 Juni mendatang," kata Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Batanghari, Dwi Indra Cahyono, Senin (27/06)

Untuk wilayah yang berpotensi hujan ada enam  Kecamatan diantaranya Muara Bulian, Bajubang, Batin XXIV, Maro Sebo Ilir, Maro Sebo Ulu, Mersam dan Muara Tembesi.

Akan tetapi intensitas hujan yang terjadi masih dalam kategori normal. Meskipun sebelumnya Kabupaten Batanghari di prediksi mengalami peralihan musim kemarau.

Sementara itu, meski hanya beberapa wilayah yang akan dilanda hujan, masyarakat juga diharuskan mampu melakukan pencegahan dini, seperti tidak membuang sampah sembarangan yang menyebabkan terjadinya penyumbatan baik di sungai maupun gorong-gorong, guna terhindar dari bencana banjir. 

Karena itu, masyarakat tetap waspada dengan situasi seperti ini sehingga dapat meminimalisasi terjadinya korban.

"Bila hujan dengan intensitas sedang ataupun tinggi terjadi terus-menerus, waspada dan jauhi tempat-tempat yang berpotensi terjadinya banjir atau tanah longsor," ujarnya

Pewarta: Riski Apriyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022