Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Jambi telah resmi mengoperasikan Unit Siaga SAR Nipah Panjang yang berada di kawasan perairan timur Provinsi Jambi tepatnya di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim).

Acara Peresmian tersebut dihadiri instansi terkait seperti TNI AL Pos Nipah Panjang, Danramil, Polairud, Polsek,Syah Bandar, ASDP serta pihak terkait lainnya di Kecamatan Nipah Panjang serta warga setempat, kata Kepala Basarnas Jambi, Kornelis, di Jambi Sabtu.

Unit Siaga SAR Nipah Panjang beralamat di Jalan Pelabuhan No.1 Nipah Panjang, Kabupaten Tanjung Jabung Timur dengan Emergency Call Center 115 atau 0741-571111. 

Kornelis juga mengatakan, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2014, Tugas Pokok dan Fungsi Basarnas adalah melakukan pembinaan, koordinasi dan pengendalian potensi SAR dalam penyelenggaraan operasi SAR pada Kecelakaan pelayaran, Penerbangan, Kecelakaan dengan penangan khusus, dan kondisi membahayakan manusia.

Semoga dengan dibukanya Unit Siaga SAR Nipah Panjang dapat mempercepat dalam pelayanan SAR kepada masyarakat khususnya di wilayah Tanjung Jabung Timur.

Untuk personil yang kita tempatkan di Unit Siaga SAR Nipah Panjang berjumlah enam orang dengan peralatan atau alut antara lain RIB 01 12 Meter, Rubber Boat, Rescue D Max, dan Motor Trail, kata Kornelis.

"Saya pun berharap kepada seluruh pihak terkait, Persatuan Nelayan dan Potensi SAR di wilayah Tanjung Jabung Timur dapat mendukung dan Bersinergi agar bisa menjalankan tugas kemanusiaan yang efektif dan efisien,” katanya.




 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022