Jajaran kepolisian di Kota Jambi melakukan 'razia vaksin' untuk mengingatkan masyarakat di kota itu agar mendapatkan vaksinasi lengkap untuk mencegah paparan COVID-19.

Seperti yang dilakukan jajaran Polsek Kota Baru Polresta Jambi yang menggelar kegiatan 'razia vaksin' dan layanan penyuntikan vaksin yang digelar di kawasan Mayang Kota Jambi, Sabtu (16/7).,

Kegiatan tersebut bersinergi dengan  PT WKS (Grup Sinar Mas) yang menggelar vaksinasi gratis untuk masyarakat khususnya para pengendara yang melintas di depan kantor perusahaan perkebunan tersebut.

Kapolsek Kota Baru, Kompol Dhadhag Anindito  mengatakan  pihaknya terus menggelar vaksinasi gratis, yang didukung  PT WKS dan tim medis dari Puskesmas Rawa Sari. Pada kesempatan itu sebanyak  144 orang menjalani vaksinasi COVID-19 baik itu untuk dosis vaksin pertama, kedua dan penguat atau booster.

Sedangkan teknis kegiatan "razia vaksin" yang dilakukan kepolisian dilakukan  dengan meminta penengendara yang melintan untuk memperlihatkan surat atau sertifikat vaksin masing-masing.

"Mana kala ada yang belum vaksin langsung diajak mengisi blangko pendaftaran, dilakukan 'screening' kemudian yang memenuhi syarat langsung disuntik vaksin," kata Kompol Dhadhag Anindito.

Pola razia vaksin   itu akan dilakukan setiap hari. Termasuk hari libur juga tetap dilaksanakan kegiatan di wilayah Kota Baru dengan target 100 orang perhari atau lebih.

"Diimbau kepada masyarakat agar segera mengecek surat vaksinnya apabila memang lebih dari enam bulan  vaksin pertama akan 'drop up' akan mengulang lagi vaksin pertama, dam mana kala vaksin kedua lebih dari enam bulan maka akan drop up juga akan mengulang lagi vaksin yang pertama lagi, maka dianjurkan untuk divaksin kembali," katanya.

Ia mengimbau warga secara sukarela mendatangi fasilitas kesehatan atau Puskesmas terdekat.

"Sertifikat vaksin saat ini menjadi syarat untuk bepergian keluar daerah, untuk semua moda transportasi. Juga untuk beraktifitas ke pusat perbelanjaan, harus menunjukan vaksin booste," katanya lagi.

Sementara itu perwakilan PT WKS Haris Triono mengatakan, pihak berterima kasih untuk kesempatan yang diberikan kali ini oleh Kapolsek Kota Baru dalam pelaksanaan vaksinasi gratis itu.

"Saat ini antusias warga melebihi dari yang kita harapkan mudah-mudahan program ini berjalan, kita selaku pelaku usaha mendukung suksesnya kegiatan vaksin ini di seluruh wilayah terutama di Provinsi Jambi," kata Haris.


 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022