Perenang difabel asal Kabupaten Sarolangun, Jambi,  Bayu Putra Yuda berhasil meraih satu medali emas dan dua perak pada ajang ASEAN Para Games XI  yang digelar di kolam renang GOR Jatidiri, Semarang, Jawa Tengah, 1-6 Agustus 2022.

Sekretaris National Paralympic Committee (NPC) Provinsi Jambi, Bungaran Abraham Tambunan, di Jambi Jumat mengatakan Bayu meraih medali emas pada gaya kupu-kupu jarak 50 meter putra dengan catatan waktu 30,04 detik dan dua  medali perak dari nomor 200 meter gaya bebas putra dengan catatan waktu dua menit 24,14 detik dan medali perak keduanya dari nomor 50 meter gaya dada putra dengan catatan waktu satu menit 21,51 detik.

"Kami merasa bangga dan sangat mengapresiasi setinggi-tingginya Bayu Putra Yuda atas kemauannya untuk berlatih dengan tekun, keras dan disiplin yang dimilikinya sehingga pada ajang internasional Bayu berhasil meraih satu emas dan dua medali perak," katanya.


Sebelumnya, prestasi perenang muda Bayu berhasil mengukir prestasinya dengan perolehan satu medali emas dan dua medali perak pada Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2020.

Sementara itu, Bayu Putra Yuda bersyukur  berhasil melebih target yang ditetapkan.

"Kkarena sebelumnya, saya diprediksi hanya mampu meraih dua medali perak dan satu medali perunggu di cabang renang pada ASEAN Para Games XI/2022 ini," kata Bayu..

Ia menyampaikan apresiasi atas fasilitasi NPC Provinsi Jambi atas prestasi yang telah diraihnya, serta berterima kasih kepada pelatih NPC Provinsi Jambi yang telah memberikan program latihan yang sangat keras dan disiplin sehingga bisa meraih prestasi luar biasa pada tingkat nasional maupun internasional.

Perenang  Bayu Putra Yuda meraih emas dinomor 50 meter gaya kupu-kupu putra dengan waktu 30,04 detik sedangkan peraih peraknya Chan Sa Mathi (Thailand) waktu 30.08 detik dan untuk perunggu direbut Indonesia Tangkilisan Steven Sualang (30,19 derik).

Sementara itu dinomor 200 meter gaya bebas putra, perenang Indonesia Bayu Putra Yuda hanya meraih perak dengan waktu dua menit,45,14 detik sedangkan emasnya diraih perenang Malaysia Fraidden Dawan waktunya dua menit 36,44 detik sedangkan perunggu diraih atlet Kamboja Yav Vannak waktu dua menit 50,49 detik.

Perenang Bayu Putra Yuda juga meraih medali perak pada nomor 50 meter gaya dada putra dengan waktu satu menit 21,51 detik sedangkan emasnya diraih Aung Phone (Myanmar) waktu satu menit 18,21 detik dan perunggu diraih perenang Kamboja Yav Vannak (satu menit 26,38 detik).



 

Pewarta: Nanang Mairiadi dan Nazela Azzahra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022