Sebanyak 453 orang dan petugas haji kloter pertama Provinsi Jambi atau kloter 10 debarkasi Batam (BTH) sudah tiba di Jambi dan langsung pulang ke daerah masing-masing.

Ketua Kloter BTH 10, Reflisman, Minggu di Jambi mengatakan, jumlah jamaah haji pada keberangkatan dan kepulangan dengan jumlah yang lengkap yakni 453 orang tersebut dalam kondisi sehat.

Jamaah haji itu tiba di Asrama Haji Provinsi Jambi pada Minggu pukul 02.15 WIB.

"Meski ada beberapa yang sakit, namun sudah dapat diatasi oleh dokter kloter," kata Reflisman menerangkan.

Sekda Provinsi Jambi, Sudirman sebagai perwakilan Pemprov Jambi menyampaikan rasa syukur karena dapat menerima jamaah haji kloter 10 dengan jumlah yang lengkap. Dia berharap, seluruh jamaah tetap sehat.

“Alhamdulillah jumlah jamaah kembali ke tanah air lengkap, mudah-mudahan jamaah haji kloter 10 ini menjadi haji dan hajah yang mabrur," katanya saat menerima kepulangan jamaah haji kloter 10.

Usia menerima jamaah haji itu, Sekda menerangkan selanjutnya jamaah dipulangkan menuju kabupaten dan kota asal masing-masing para jamaah.

"Selanjutnya kita akan menerima kedatangan jemaah haji kloter 11 dan 12 pada Senin dan Selasa ini," terang Sekda.

Jamaah haji kloter 10 ini merupakan kloter pertama dari Provinsi Jambi terdiri dari jamaah asal Kabupaten Kerinci, Kota Sungaipenuh, Batanghari, Tanjungjabung Barat, Tanjungjabung Timur dan Kota Jambi.

Sementara Kloter BTH 11 dijadwalkan tiba di Jambi Senin (8/8) dinihari besok.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi yang juga merupakan Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Provinsi Jambi, H Zoztafia, menyampaikan apresiasi pada kinerja petugas dalam memberikan pelayanan ibadah haji tahun ini.

“Saya berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu proses keberangkatan hingga kepulangan jamaah haji, terutama petugas manasik," terangnya.

Selanjutnya PPIH Provinsi Jambi akan terus melakukan penjemputan jamaah haji asal Jambi secara maraton hingga Selasa (9/8).

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022