Universitas Jambi melaksanakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKK MB) Tahun 2022 di Balaiirung Kampus Unja di Mendalo Muarojambi, Selasa.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Gubernur Jambi, Dr. H. Al Haris, S.Sos., M.H., Rektor Universitas Jambi, Prof Drs. Sutrisno, M.Sc. Ph.D., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Teja Kaswari, M.Sc., Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi, Prof. Dr. rer. nat. Rayandra Asyhar, M.Sc., Dekan Pertanian, Dekan Peternakan, Ketua Lembaga, Kepala Biro, dan Kepala Bagian yang ada di lingkungan UNJA. Kegiatan PKK MB ini dilaksanakan di Gedung Balairung UNJA Mendalo, Selasa (9/08/2022).

Pada kegiatan PKKMB UNJA Tahun 2022 ini diikuti sebanyak 6.425 mahasiswa baru dari 7 fakultas. Kegiatan PKK ini berlangsung selama 2 hari mulai dari tanggal 9-10 Agustus 2022.

Dalam sambutannya, Gubernur Jambi, Dr. H. Al Haris, S.Sos., M.H., memberikan orasi semangat kepada para mahasiswa baru UNJA serta menyampaikan harapannya untuk UNJA semoga ke depannya menjadi semakin maju.

“Saya dengan Pak Rektor dan WR3 hari ini hadir di sini untuk memberikan semangat kepada anak kita yang hari ini akan mulai masuk ke perguruan tinggi, tentu kita bangga sekali karena ribuan mahasiswa pada hari ini masuk ke kampus yang kita banggakan, kita berharap semakin banyak jurusan dan prodi memberikan peluang pada anak-anak Jambi dan seluruh Indonesia untuk kuliah di UNJA, ke depannya akan semakin banyak lagi orang berminat untuk kuliah di Jambi. Selagi kita terus menyiapkan sarana dan prasarananya, saya mendukung PKK ini serta sepakat untuk memberikan hibah tanah dan bangunan yang tujuannya untuk memperkuat perkembangan UNJA ke depannya menjadi perguruan tinggi semakin maju,” jelas Gubernur.

Rektor Universitas Jambi, Prof Drs. Sutrisno, M.Sc. Ph.D., turut memberikan kata sambutan sekaligus membuka kegiatan PKK MB 2022 secara resmi melalui seremonial pemukulan gong. Rektor juga berpesan kepada mahasiswa baru untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan baru, pengenalan kehidupan kampus adalah langkah awal agar bisa merubah cara berpikir. Mahasiswa harus dapat mengaktualisasi cara berpikir, bekerja, dan belajar.

“Platform UNJA yang diusung adalah Universitas Jambi SMART atau UNJA SMART, kesan dan pesannya untuk PKK MB tahun ini berjalan dengan luar biasa, karena memang sudah 2 tahun kita tidak menyelenggarakan PKK secara luring, tentu dengan berjalannya PKK ini dengan baik dan lancar, semoga ini semuanya dapat dijadikan sebagai titik awal bagi para mahasiswa. Kita UNJA, mencetak masa depan yang diharapkan mahasiswanya ke depannya akan belajar lebih baik lagi, sehingga apa yang dicita-citakan akan dapat tercapai dengan baik,” ujar Rektor.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Teja Kaswari, M.Sc., sekaligus sebagai penanggung jawab kegiatan PKK MB 2022 menyampaikan laporan kegiatan serta rincian jumlah mahasiswa yang mengikuti PKK.

“Peserta PKK mahasiswa baru tahun ini diikuti sebanyak 6.425 mhahasiswa dari 7 fakultas, dengan rincian FKIK sebanyak 629, FH sebanyak 635, Fakultas Peternakan sebanyak 363, Fakultas Pertanian 920, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 1.031, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 1.914. Mereka semua berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, yang paling banyak tentu dari Provinsi Jambi sebanyak 80%, Sumatra Utara sebanyak 9%, Sumatra Selatan 5%, Sumatra Barat 3,7%, Riau 2,4% lalu dari Nangroe Aceh Darusalam 9 orang,” ujar beliau.

“PKK tahun 2022 adalah untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus dan sistem pendidikan di perguruan tinggi. Tujuan pertama adalah untuk menanamkan kesadaran berbangsa, bernegara, kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat. Kedua, untuk memperkenalkan sistem pembelajaran dan kehidupan sivitas akademika dengan menanamkan nilai-nilai pendidikan serta mewujudkan kampus yang ramah dan sehat membentuk karakter mahasiswa yang mengedepankan sistem dan sikap intelektual yang mengandalkan kecerdasan berpikir,” tutupnya.

 

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022