Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Jambi menggelar  festival kuliner yang bertemakan "Gulai Terjun".

Kegiatan yang dimeriahkan  panggung pertunjukan itu diadakan  di kawasan wisata Danau Sipin Kota Jambi, Sabtu dan Minggu.

Pembukaan Festival  dihadiri oleh  Wali Kota, Jambi Syatif Fasha , Forkopimda dan seluruh OPD.

Peserta berasal dari 11 kecamatan yang terdiri dari 25 kelompok. Ada kecamatan yang mengirim dua atau tiga kelompok.

Kecamatan yang mengirim tiga kelompok adalah Kecamatan Danau Sipin, Paal Merah, dan pelayangan.

“Acara ini bertujuan untuk menonjolkan kekhasan makanan yang sebenarnya berasal dari Sarolangun yaitu gulai terjun yang juga ingin dijadikan makanan khas Kota Jambi,” ujar Syarif Fasha.

Ia juga mengatakan kepada masing-masing kecamatan agar gulai terjun dititipkan di seluruh rumah makan yang berada daerah  masing-masing sehingga lidah masyarakat Kota Jambi menjadi terbiasa terhadap makanan ini.

“Saya mengharapkan agar makanan tradisional gulai terjun ini dapat menjadi makanan khas unggulan tidak hanya di Kota Jambi tetapi juga di tingkat  regional dan nasional” katanya.

Fasya juga mengatakan bahwa festival kuliner pada tahun-tahun berikutnya akan dilanjutkan dengan makanan tradisional jenis lain.

“Mudah-mudahan gulai terjun ini bisa kita diangkat menjadi kuliner unggulan di Provinsi Jambi nantinya,” harap nya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Jambi, Mariani Yanti  mengatakan bahwa acara ini diadakan dalam rangka memperkenalkan makanan tradisional Jambi supaya lebih diketahui oleh anak-anak muda, bukan hanya makanan-makanan cepat saji. 

“Kita ingin mengangkat makanan yang dari dulu sudah ada akan terus kita lestarikan,” jelasnya.

Dia menambahkan bahwa untuk kedepannya, makanan tradisional ini akan diperlombakan untuk mengetahui makanan mana yang lebih enak meskipun standar enak itu subjektif.

Selanjutnya, pada hari Minggu, 14 Agustus 2022 nanti akan diadakan pula senam jantung sehat senam zumba pada pukul 06.30 - 08.00 WIB, line dance bersama langkah dansa Indonesia pada pukul 08.00 - 09.00 WIB.

Kemudian, mendongeng oleh Kampung Dongeng Seloko Kota Jambi pada 09.30 - 10.00 WIB, Battle of Kompangan Kota Jambi pukul 14.00 - 16.00 WIB.

Terakhir, acara seremoni penutupan hingga pengumuman pemenang lomba memasak pada pukul 19.00 - 22.00 WIB.

Pewarta: Nazela Azzahra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022