Pemerintah Kabupaten Batanghari melalui Diskoperindag setempat meraih juara satu pada pawai pembangunan HUT RI ke-77 di  Provinsi Jambi dengan tema Ular Bide penjaga Muara Tembesi.

"Ya,  Batangahari mendapatkan juara satu pada pawai pembangunan di Provinsi Jambi kategori mobil hias yang bertemakan Ular Bide," kata Edi Sabara Kabid Perdagangan Diskoperindag Batanghari, Selasa (23/8).

Inspirasi Ular Bide tersebut berdasarkan dari legenda cerita rakyat di Kabupaten Batanghari yang merupakan salah satu penghuni yang ada di Muara Tembesi.

Ular Bide itu memiliki ciri-ciri bertanduk seperti tanduk rusa, mata merah, dan bersisik emas di bawah leher

Selain ular Bide, saat tampil terdapat juga ukiran ikan tapa malenggang yang merupakan salah satu  khas dari Daerah Kabupaten Batanghari.

"Terima kasih kepada pihak yang telah mensupport dan arahannya dalam mempersiapkan menjelang perlombaan hingga dapat meraih juara ini," katanya

Edi juga mengharapkan agar prestasi seperti ini dapat terus di pertahankan agar sejarah yang ada di Kabupaten Batanghari ini dapat dikenal bahkan hingga di tingkat nasional. 

"Mungkin untuk tahun depan kita tidak lagi mengusung tema seperti ini, akan tetapi untuk predikat juara harus tetap dipertahankan," ujarnya

Pewarta: Riski Apriyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022