Mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi (FKIK Unja) Ariyanto, Dwi Cahyaningsih, dan Evita Maharani Gaelient Putri Rasheal yang tergabung ke dalam tim debat utusan Unja berhasil meraih Juara 3 pada lomba Debat I-SCIE RAKORNAS XI ILMPI.

Sementara Vicki Rilis yang berhasil meraih Juara 2 Essay di International Scientific Event (I-SCIE) pada acara Rakornas XI Ikatan Lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia (ILMPI) 2022 yang berlokasi di Universitas Andalas pada 4-9 September 2022.

Finalis 4 besar dalam lomba debat merupakan mahasiswa yang berasal dari Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Jambi, Universitas Andalas, dan UIN Gunung Djati. Sedangkan peserta yang mengikuti lomba esai berjumlah 48 peserta.

Salah satu mahasiswa dalam tim debat, Ariyanto, menjelaskan motivasi, persiapan, dan harapannya setelah meraih juara 3 lomba debat internasional tersebut.

“Motivasinya ialah untuk melatih diri berpikir kritis dan menuangkannya dalam gagasan tertulis maupun lisan seperti debat. Melakukan latihan bersama dosen pembimbing yaitu ibu Verdiantika Annisa, M.Psi., Psikolog., dari tanggal 13 Agustus dan membuat video debat sebagai syarat babak penyisihan. Harapan ke depannya dan langkah selanjutnya setelah lomba ini, semoga ini menjadi langkah awal tim kami untuk berkompetensi di perlombaan debat baik di tingkat universitas, nasional, maupun internasional,” ujar Ariyanto.

Vicki Rilis yang mendapatkan juara 2 lomba esai mengungkapkan motivasi awal, persiapan yang dilakukan, dan harapannya terkait juara yang ia raih.

“Pada semester lalu saya sempat gagal mendapatkan pertukaran pelajar (IISMA), sehingga saya ingin mencoba lagi di tahun depan dengan CV yang lebih baik. Saya banyak melakukan research yang sesuai dengan tema lomba. Selain itu sebelumnya saya juga pernah mengikuti mentorship menulis yang sangat membantu dalam pengerjaan karya saya. Ke depannya, saya ingin mengikuti lebih banyak lomba dan meningkatkan kemampuan saya dalam menulis,” ungkap Vicki.

Ketua Prodi Psikologi FKIK, Yun Nina Ekawati, S.Psi., M.Psi., Psikolog., menyampaikan rasa syukurnya terhadap prestasi yang diraih keempat mahasiswanya serta berterima kasih kepada dosen pembimbing yang membantu para mahasiswa tersebut.

“Alhamdulillah mahasiswa psikologi FKIK UNJA meraih prestasi tingkat nasional setelah menunggu beberapa tahun. Saya sangat bangga sekali dengan kegigihan Ariyanto, Evi dan Dwi yang berlatih di sela-sela kuliah. Saya ucapkan banyak terima kasih kepada mereka bertiga yang telah berjuang mengharumkan nama prodi psikologi FKIK UNJA. Saya juga mengapresiasi kegigihan dari dosen pembimbing, ibu Verdiantika Annisa S.Psi, M.Psi, Psikolog., yang telah membimbing mereka bertiga di sela-sela tugas mengajar dan tugas yang lainnya,” ungkapnya.

“Vicky adalah salah satu mahasiswa kami dengan prestasi yang disumbangkan kali ini membuat kami sangat bangga. Harapan saya Vicky terus mengembangkan kemampuan serta minatnya dalam menulis. Terima kasih untuk Vicky yang telah berjuang dan mengharumkan nama Prodi Psikologi UNJA,” katanya menambahkan.

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022