Pemerintah Kota Jambi terus meningkatkan minat baca anak dengan berbagai stimulus diantaranya memberikan fasilitas perlombaan lomba bercerita rakyat.

Wakil Wali Kota Jambi, Maulana, Kamis mengatakan, upaya tersebut telah dilaksanakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Jambi tingkat Sekolah Dasar (SD)/ Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kota Jambi selama 19 sampai 22 September 2022 

"Kami menutup lomba bercerita tingkat SD dan MI, ini sangat positif sekali untuk mendorong minat baca," kata dia.

Dia memastikan, lomba bercerita bisa dilaksanakan dengan kebiasaan anak-anak untuk membaca terlebih dahulu. Setelah membaca anak dapat menginterpretasikan dan mengekspresikan dalam bentuk tutur kata yang baik dan bahasa tubuh.

"  Karena tidak mungkin bercerita kalau tidak membaca kemudian juga ada kemampuan untuk memahami isi bacaan," katanya menjelaskan.

Melalui kegiatan tersebut, Pemerintah Kota Jambi ingin membina anak-anak dalam belajar, baca buku dan menumbuh kembangkan kebiasaan baik dirumah.

Sementara itu, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Arzi Efendi, menyampaikan sengaja kegiatan itu dilakukan di pusat perbelanjaan dengan tujuan untuk meningkatkan literasi masyarakat dan mensiarkan program-program yang ada di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan.

"Menumbuhkan kembangkan minat dan kegemaran bercerita untuk meningkatkan budaya literasi pada peserta serta nemberikan manfaat bagi lingkungan sekitar," katanya 

Ada beberapa yang diperlombakan pada lomba kali ini dengan total peserta  berjumlah 93 orang dari 55 sekolah terdiri dari siswa-siswi kelas 3 hingga 5 SD/MI sederajat Kota Jambi dan lomba rangking 1 dengan jumlah 230 peserta terdiri dari guru dan murid SD Kota Jambi.

Sebelumnya, lomba vlog yang diikuti oleh 34 peserta tingkat pelajar dan masyarakat kota Jambi yang dilaksanakan tanggal 21-31 Maret 2022 dan lomba perpustakaan kelurahan diikuti oleh 15 kelurahan yang diselenggarakan pada tanggal 20-24 Juni 2022. 

 

Pewarta: Melli Andini

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022