Penerima manfaat program keluarga harapan (PKH) mendapatkan bantuan tanaman cabai dan bawang merah dari Pemerintah Kota Jambi untuk menciptakan ketahanan pangan rumah tangga di daerah itu.
 
Wali Kota Jambi, Syarif Fasha, Senin, mengatakan, sebanyak 10 ribu penerima PKH di Kota Jambi mendapatkan bantuan pohon cabai dan tanaman bawang merah sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat melalui ketersediaan bahan pangan yang cukup, sehat, dan bergizi.
 
"Ini adalah upaya pemerintah membantu masyarakat dalam penyediaan bahan pangan yang secara tidak langsung berimbas pada pengendalian inflasi bahan pangan," katanya saat peluncuran gerakan "Payo menanam cabe".
 
Sebanyak 10 ribu penerima PKH ini, kata dia, masing-masing mendapatkan tiga tanaman cabai dan dua tanaman bawang merah. Wali Kota berpesan kepada penerima untuk menjaga dan merawat tanaman tersebut agar dapat menikmati hasilnya guna memenuhi kebutuhan rumah tangga penerima PKH.
 
"Ini bukan bibit, tapi tanaman yang sudah siap panen tolong dijaga," katanya.
 
Dia mengatakan, pembagian bantuan tanaman hortikultura ini dilakukan secara berkala. sebanyak 10 ribu KK penerima PKH tidak serentak mendapatkannya, pemerintah mengatur proses pembagian agar waktu panen tidak serentak.
 
"Tidak sekaligus diberikan, diatur waktunya biar panen tidak sekaligus, " katanya.
 
Kemudian, Pemkot juga memberikan bantuan bibit cabai untuk 15 hektare lahan di Kota Jambi yang siap ditanami cabai melalui Gapoktan. Tidak hanya bibit cabai, Pemkot juga memberikan pupuk dan plastik mulsa.

"Pemerintah membantu kelompok tani dalam penyediaan sumber bahan makanan yang baik, sehat, dan ketersediaan yang cukup," katanya

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022