Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Batanghari melaksanakan rapat paripurna dalam rangka penyampaian pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD terhadap nota pengantar RAPBD Anggaran 2022 dan terhadap nota pengantar dua Ranperda.

Dalam penyampaian pemandangan umum Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DPRD Batanghari, Minarti mengatakan, dengan adanya Ranperda Perubahan APBD ini  pemerintah daerah dapat melaksanakan program dan kegiatan dengan kinerja yang optimal dan akuntabel.

"Sehingga target-target pencapaian dapat terealisasi dengan baik dan transparan. Kami juga berharap semua OPD dapat bersinergi dengan baik dan bekerja cepat, bekerja cerdas, menjalankan tugas yang telah diamanahkan dan berintegritas sebagai pondasi utama terwujudnya Batanghari Tangguh,” kata Perwakilan Fraksi PPP DPRD Kabupaten Batanghari, Minarti, Selasa (26/09).

Dalam bahasan rapat paripurna tersebut, diantaranya tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah dan tentang perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Batanghari Nomor 5 Tahun 2014 tentang perlindungan dan pengelolaan Lingkungan Hidup.

Selain itu, Minarti menyebutkan RAPBD ini akan terealisasi dengan baik dan akuntabel sehingga target-target pencapaian dapat terealisasi dan transparan. 

"Fraksinya mengharapkan dua Ranperda ini akan menjadi Peraturan Daerah dan akan dilaksanakan dengan baik demi terwujudnya Batanghari Tangguh," ujarnya.

Sementara itu,  Fraksi Partai Demokrat menanggapi dua Ranperda dari Pemerintah Daerah. Dalam kesempatan ini pemandangan umum dari Fraksi Partai Demokrat dibacakan Yoghie Verly Pratama. Pertama, Ranperda tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Kabupaten Batanghari, berdasarkan hasil evaluasi Perda Nomor 11 tahun 2016 sudah tidak sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan daerah. 

"Agar penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan pada masyarakat dapat lebih berdaya guna dan berhasil guna," ujarnya

Fraksi Partai Demokrat mendorong untuk dibahas dan disesuaikan dengan pengelompokan rumpun dan pelayanan dasar maupun pilihan supaya linier di semua tingkatan. 

"Kami juga berharap OPD teknis yang sekiranya beban kerjanya yang begitu besar agar bisa dinaikan tipe dengan memperhatikan kemampuan keuangan karena ini berkaitan dengan beban anggaran kita,” ujar Perwakilan Fraksi Partai Demokrat Yoghie Verly Pratama.

Pewarta: Riski Apriyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022