Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Jambi menggerakkan warga agar membawa anaknya untuk mendapatkan imunisasi campak rubella.

Hal ini ditegaskan oleh Ketua TP PKK Provinsi Jambi, Hesti Haris saat kegiatan akselerasi peningkatan cakupan imunisasi anak usia 9 bulan sampai dengan 12 tahun di Jambi.

" TP PKK berkewajiban menggerakkan warga agar membawa anaknya untuk diimunisasi. Secara teknis ada tim kesehatan yang akan melaksanakan pelayanan imunisasi," katanya di Jambi, Selasa (27/9).

Hesti menerangkan, langkah TP PKK Provinsi Jambi untuk terlibat dan turun ke lapangan dalam meningkatkan capaian imunisasi di daerah ini diwujudkan dalam akselerasi peningkatan cakupan BIAN yang melibatkan 11 TP PKK di Provinsi Jambi serta 207 Puskesmas se-Provinsi Jambi. Gerakan akselerasi capaian imunisasi ini, mulai 26 sampai 30 September , bertujuan dapat meningkatkan cakupan imunisasi campak rubella dan imunisasi kejar anak Provinsi Jambi.

“ Ini pada hakikatnya bukan persoalan angka – angka, tapi persoalan perlindungan terhadap anak – anak Jambi dari paparan penyakit campak dan rubella, Kolaborasi antara Dinas Kesehatan Provinsi Jambi dan TP-PKK ini, untuk memberikan perlindungan yang optimal bagi anak-anak dari campak rubella," terangnya.

Pada gerakan akselerasi ini, TP PKK Provinsi Jambi memantau perkembangan realisasi imunisasi campak rubella ke seluruh TP PKK di Kabupaten/Kota.

"Lewat video conference kami memantau perkembangan pelaksanaan imunisasi serentak Kabupaten/Kota dan Puskesmas di Jambi," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan provinsi Jambi dr. Muhammad Fery Kusnadi, Sp.OG, mengatakan bahwa capaian imunisasi campak rubella Provinsi jambi sudah mencapai 76 persen, namun ini belum mencapai target 95 persen anak di imunisasi di Provinsi Jambi.

“ Kabupaten/ kota yang rendah cakupannya bisa memanfaatkan waktu sisa agar dapat meningkatkan cakupan anak yang imunisasi," katanya menjelaskan.

Kepala Unicef Zona Sumatera, Andi Yoga Tama, menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada ketua TP PKK Provinsi dan kabupaten kota serta Dinas Kesehatan se-Provinsi Jambi yang telah melakukan berbagai strategi dalam rangka meningkatkan cakupan Imunisasi dasar lengkap kepada anak – anak Jambi.

“ Yang dilakukan TP PKK Provinsi Jambi sangat luar biasa, aktif dan turun langsung melaksanakan imunisasi,semoga dukungan Unicef di Provinsi Jambi memberikan manfaat," katanya.

Pada gerakan akselerasi capaian imunisasi ini juga dilakukan penyerahan sertifikat kepada anak yang diimunisasi, penyerahan sertifikat kepada Posyandu dan penyerahan sembako kepada ibu hamil guna mendapatkan sumber pangan yang sehat dan bergizi sehingga melahirkan generasi yang sehat dan cerdas.
 

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022