Antusiasme ASN dan warga Kota Bangko Kabupaten Merangin yang mengenakan batik khas Merangin ikut mewarnai kegiatan Parade Batik Jambi 2022 yang digelar di kawasan ibukota Kabupaten Merangin Provinsi Jambi itu, Kamis.

"Hari ini kita semua menggunakan pakaian batik, ada batik khas Merangin, atau corak batik tradisional Jambi dari daerah lain. Kita semua berjalan kaki atau 'long march' di jalanan Kota Bangko ini," kata Wakil Bupati Merangin H Nilwan Yahya di Bangko Kabupaten Merangin.

Wabup Nilwan Yahya bersama Wakil Ketua TP PKK Merangin Ny Juliarti Nilwan, yang hadir menggantikan Bupati Merangin H Mashudi yang tengah umroh ke Tanah Suci Mekkah, dengan berbaju batik berbaur dengan para ASN dan masyarakat, masuk barisan dan ikut parade batik.

Hari Kamis juga merupakan hari dimana seluruh ASN dan institusi di Merangin dan juga di Provinsi Jambi wajib mengenakan pakaian batik.

Ia menyebutkan, berbagai ragam corak dan motif batik yang digunakan para ASN di Bangko berbaur menjadi daya tarik tersendiri.

Parade Batik Jambi 2022 dalam rangka Hari Batik Nasional 2022 itu di Provinsi Jambi diikuti dan melibatkan sekitar 10.000 ASN dari Pemprov Jambi dan 11 kabupaten/kota di Jambi plus institusi vertikal dan BUMN/BUMD.

Sementara itu parade batik yang melibatkan ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari berbagai instansi melakukan longmarch start dari halaman Kantor Bupati Merangin hingga ke depan Kantor Kejaksaan Negeri Merangin.

Para ASN mulai dari staf fungsional hingga setingkat kepala dinas itu, ramai-ramai mengikuti Parade Batik Jambi, bersama Wabup Merangin Nilwan Yahya dan

Parade batik yang digelar dalam rangka peringatan Hari Batik Nasional 2022 tersebut, berlangsung meriah dan spektakuler, disaksikan ribuan pasang mata dari balik kaca jendela mobil yang berlalu lalang di Jalan Lintas Sumatera itu.

Kegiatan didukung oleh Kementerian Kominfo, Diskominfo Provinsi Jambi, Diskominfo Merangin dan dinas kominfo kota/kabupaten lainnya di Jambi yang menayangkan acara secara live lewat zoom meeting seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Jambi.

Usai Parade Batik yang dilakukan serempak di seluruh kabupaten/kota di Jambi itu, dilanjutkan Fashion Street yang diikuti ratusan model yang mengenakan kostum batik.

Ratusan pasang model batik itu tampil penuh percaya diri, berlenggak-lenggok dan sekali-kali memutarkan tubuh di atas cat walk merah sepanjang 20 meter. Aksi mereka mendapat sambutan meriah dari masyarakat yang nonton dan berbaur pada acara itu.
 

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022