Aparatur Sipil Negara Kabupaten Merangin, Jambi melakukan gotong royong  di sejumlah titik kawasan Geopark Merangin memastikan kebersihan Geopark menuju Unesco Global Geopark (UGG) .

Wakil Bupati Merangin, Nilwan Yahya, Sabtu mengatakan beberapa titik dibersihkan ASN tersebut antara lain Kawasan Teluk Wang Sakti, Kawasan Air Terjun Mengkaring .

"Gotong royong ini dibagi per titik, masing-masing OPD punya tanggungjawab kapling gotong royongnya, " katanya.

Didampingi oleh konsultan yang menyusun dossier Geopark Merangin-Jambi serta geologis ahli bebatuan Unja, Wabup memantau keberhasilan dan kondisi kawasan Teluk Wang Sakti dan kawasan Air Terjun Mengkaring tersebut.

‘’Alhamdulillah sudah semua titik kawasan Geopark Merangin-Jambi yang kami pantau bersama tim," katanya.

Dia memastikan, persiapan menuju UGG harus dilakukan dengan matang. Strategi yang perlu dilakukan yakni memastikan kebersihan dan kelayakan wisata alam ini.

" Berbagai persiapan harus kami tingkatkan lagi, termasuk kebersihannya. Sebab tidak boleh ada sampah plastik di kawasan itu,’’ katanya menjelaskan.

Selain itu, tidak saja mendorong ASN Merangin ikut terlibat dalam penjagaan dan promosi Geopark, Pemkab juga mengajak semua pengunjung di kawasan Geopark Merangin, untuk bersama-sama menjaga kebersihan.

Nilwan menegaskan, saat ini masih kurang fasilitas tempat sampah di kawasan situs peninggalan warisan zaman purba tersebut. Sehingga Pemkab melengkapi fasilitas tersebut guna menunjang penilaian menuju UGG..

Selain di kawasan tersebut, ASN Merangin juga melakukan pembersihan di kawasan lain seperti kawasan Rumah Tuo Rantau Panjang Tabir dan sejumlah titik lainnya.

Untuk memastikan kebersihan Geopark kebanggaan Provinsi Jambi ini, Pemkab Merangin juga memastikan kebersihan di sekitaran bantaran Sungai Batang Merangin.

Selain itu, Ia juga melihat kondisi di Desa Air Batu untuk memantau bebatuan Geopark hingga menuju Taman Geopark Merangin

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022