Fakultas, Jurusan, dan Program Studi yang ada di Universitas Jambi (UNJA) makin diakui di level nasional hingga internasional. Sebagai bukti, sertifikasi ISO yang didapat beberapa Fakultas, Jurusan, dan Program Studi menunjukkan bahwa ‘Kampus Pinang Masak’ ini sudah on the track menuju Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum alias PTN BH.

Beberapa fakultas yang belum lama ini mendapat sertifikasi ISO di antaranya, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB), dan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) berturut-turut mendapatkan sertifikasi ISO. Terbaru, FKIP bahkan resmi mempertahankan sertifikasi ISO 9001:2015. Kepastian didapat setelah mengikuti proses resertifikasi 30-31 Agustus 2022 di Gedung FKIP UNJA Mendalo. Resertifikasi ini adalah kali kedua yang didapat sejak pertama mendapat sertifikasi ISO 9001:2008 pada 2017.

Resertifikasi pertama dilakukan pada 2019. Saat itu Badan Sertifikasi ISO merekomendasikan FKIP UNJA menggunakan ISO kembali dengan upgrading ke ISO 9001:2015. Resertifikasi kedua kali ini mencakup bidang layanan akademik, kemahasiswaan,  kepegawaian, keuangan, UBMN, laboratorium komputer, serta perpustakaan. Sesuai kesimpulan audit yang disampaikan Lead Auditor KBS Certification Indonesia, FKIP UNJA berhasil mempertahankan sertifikat ISO untuk seluruh bidang layanan tersebut.

Sertifikasi ini adalah standar bertaraf internasional untuk Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu, atau bisa disebut juga sebagai Sertifikasi Sistem Manajemen Kualitas. Sertifikasi ini menetapkan berbagai persyaratan, pedoman, dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dari suatu Serifikasi Manajemen Kualitas. Sertifikasi ini juga menjamin produk atau jasa yang dihasilkan suatu perusahaan/instansi memenuhi persyaratan yang ditetapkan badan standar dunia yaitu, ISO. Ketika FKIP UNJA lulus audit dan mempertahankan ISO 9001:2015, artinya telah memenuhi berbagai persyaratan yang telah ditetapkan secara internasional. Hal tersebut dapat membuat terpenuhinya kebutuhan mahasiswa dan civitas academica secara spesifik. Yaitu bertanggung jawab atas jaminan kualitas layanan-layanan yang diberikan.

FEB tak mau kalah, 5 Prodi FEB UNJA menyusul 4 prodi di FEB lainnya kini juga bersertifikasi ISO 21001:2018. Dekan FEB UNJA, Dr. Junaidi, S.E.,M.M., Selasa (27/9/22) mengatakan, sebelumnya 4 prodi di FEB sudah terakreditasi ISO. Keempatnya adalah S1 Ekonomi Pembangunan, S1 Manajemen, S1 Akuntansi, dan S1 Ekonomi Islam. Sertifikat diterima 6 Agustus 2021. Sedangkan pada 19 September 2022 FEB UNJA menerima lagi sertifikat ISO. Kali ini unuk untuk 5 prodi. Kelimanya adalah D4 Manajemen Pemerintahan, D4 Keuangan Daerah, D3 Perpajakan, D3 Akuntansi dan D3 Manajemen Pemasaran. Sehingga sekarang sudah 9 prodi di FEB terakreditasi ISO. Standarisasi ini bukti pengakuan internasional terkait layanan. Jadi, layanan di FEB sudah mememenuhi standar khusus.

ISO ini juga melahirkan beberapa produk SOP. Dengan mengikuti aturan-aturan maka organisasi akan berjalan efektif dan efisien. ISO sejalan dengan akreditasi dan sudah membantu meningkatkan akreditasi dari BAN PT nasional dan internasional.

Tak mau kalah, seluruh Prodi FKIK UNJA kini juga sudah bersertifikasi ISO 21001:2018. 5 Prodi di FKIK yang mendapatkan standar ISO tersebut, antara lain Prodi S1: Kedokteran, Keperawatan, Psikologi, Ilmu Kesehatan Masyarakat, dan Farmasi. Hal ini didasarkan pada Sertifikat SNI ISO 21001/2018 dengan nomor EGS-21090003, berlaku mulai 30 September 2022 hingga 29 September 2025. Standar ISO 21001:2018 sendiri merupakan standar internasional yang menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen mutu bagi organisasi pendidikan dalam mencapai tujuan dan menjalankan fungsi utamanya, yaitu memberikan pendidikan yang bermutu. Standar ini merupakan turunan dari ISO 9001:2015.

Diharapkan sertifikasi ISO ini diharapkan bisa konsisten dilaksanakan. Keteraturan standar ISO perlahan mulai tersebar di setiap unit sehingga mewujudkan keseragaman keteraturan di setiap sudut UNJA. Setetes demi setetes keteraturan yang terstandarisasi (ISO) menyebar dan mewujud di setiap unit. Sehingga akhirnya ‘keseragaman keteraturan’ akan terimplementasikan di setiap sudut Universitas Jambi.

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022