Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat, Sutan Riska Tuanku Kerajaan menyatakan pelaksanaan pemilihan wali nagari yang digelar serentak pada 43 nagari atau desa adat, Kamis (20/10), berjalan aman dan lancar.

"Alhamdulillah, hasil pengawasan panitia baik tingkat kabupaten maupun kecamatan, pilwana berlangsung lancar, aman dan kondusif. Walaupun ada kendala hanya masalah teknis, itu bukan karena ada gesekan antarcalon dan itu dapat diselesaikan panitia tingkat nagari," kata Bupati Sutan Riska di Pulau Punjung, Jumat.

Pilwana serentak 2022 di Kabupaten Dharmasraya diikuti sebanyak 127 orang calon yang tersebar pada 43 nagari. Berdasarkan rekapitulasi yang dihimpun panitia kabupaten, tingkat partisipasi masyarakat dalam menyalurkan hak pilihnya mencapai sekitar 70 persen.

Bupati berharap gelaran pesta demokrasi pilwana dapat menghasilkan pemimpin berkualitas yang dapat berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya untuk menjadikan daerah itu menjadi lebih baik lagi.

Ia mengajak semua calon dan dan pendukung masing-masing calon untuk menyikapi hasil pemilihan dengan kepala dingin, jangan sampai kontestasi pilwana menimbulkan perpecahan di tengah masyarakat.

"Apa pun hasilnya disikapi secara sederhana saja. Bagi yang menang jangan euforia berlebihan dan bagi yang belum beruntung barangkali belum rezekinya. Apabila dirasa ada pelanggaran dalam penyelenggaraannya agar disalurkan melalui mekanisme yang benar," ujar Sutan Riska.

 

Pewarta: Mario Sofia Nasution

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022