Bupati Merangin H Mashuri meminta keluarga Ahmad Nazari, warga Desa Salam Buku Kecamatan Batang Masumai mengungsi ke tempat aman karena rumahnya bergeser semeter akibat longsor.

"Untuk mencegah terjadinya korban jiwa, lebih baik keluarga ini mengungsi saja dulu. Bisa saja rumah ini bergeser lagi atau terbawa longsor," kata Bupati Mashuri.

Ia langsung berkoordinasi dengan Kepala BPBD Merangin Mardansyah Saidi untuk proses evakuasi warga di sana.

Di Desa Salam Buku Kecamatan Batang Masumai itu terjadi longsor. yang mengakibatkan satu unit rumah posisinya bergeser sekitar satu meter dari tempat semula.

Keluarga Ahmad Nazari yang mendiami rumah itu selamat, namun rumahnya menjadi tidak layak dihuni.

"Alhamdulillah kami sekeluarga selamat Pak Bupati. Karena begitu merasakan seperti terjadi gempa, kami langsung berlari keluar rumah," kata Ahmad Nazari saat ditengok bupati.

Bupati minta Kadis PUPR Merangin mengecek kondisi tanah rumah tersebut, apakah rumah itu masih aman untuk dihuni atau tidak.

Tapi bupati juga minta keluarga itu sementara mengungsi ke rumah kerabat terdekat.

Selain itu, bupati juga mengecek sejumlah titik lokasi banjir dan longsor. Termasuk mengecek beberapa tempat di bantaran Sungai Batang Merangin yang longsor.

Ia meminta agar lokasi yang longsor di bantaran sungai itu dipasang batu turap untuk menjaga bantaran sungai tidak terkikis aliran air sungai.

Ada juga jembatan yang tertimpa longsor sehingga kondisinya membutuhkan perbaikan.

 

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022