Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Batanghari lantik 24 anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwascam) se-Kabupaten yang terpilih, di Aula BP Paud dan Dikmas Provinsi Jambi Kabupaten Batanghari.

"Ya, ada 24 anggota yang lulus tes panwascam di setiap kecamatan nantinya, yang terdiri dari 6 perempuan dan 18 laki-laki," kata Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Batanghari, Indra Tritusian, Kamis (27/10).

Tugas Panwascam ini adalah mengawal tahapan Pemilu sesuai perundangan yang berlaku dan bertindak secara adil, netral dan tidak berlaku diskriminatif. Sebab, posisi Panwascam adalah sebagai wasit.

Mereka yang terpilih sebagai anggota Panwascam ini sudah dijaring melalui seleksi yang cukup ketat. Mulai dari seleksi administrasi, tes tertulis hingga wawancara. Sehingga mereka yang terpilih tersebut dinilai punya kredibilitas yang cukup baik dan bisa mengembang tugas dengan maksimal.

Indra berharap agar anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwascam) yang dilantik ini harus bersikap netral. Selain itu, anggota Panwascam juga diharapkan bisa bersikap adil dan tidak diskriminatif jika menyelesaikan sengketa yang terjadi dalam penyelenggaraan pesta demokrasi.

"Dengan dilantiknya Panwascam ini, di harapkan kedepannya bisa bekerja sama dengan baik, dan saya yakin hasil seleksi yang telah di cek sebelumnya memang benar-benar bahwa orang yang terpilih ini adalah orang baik dan bisa membantu pemilu di tahun 2024 nanti," katanya.

Sementara itu, anggota Panwascam ini akan langsung melaksanakan tugasnya, yang mana proses pengawasan yang sudah harus dilaksanakan. 

"Untuk tugasnya nanti, mulai dari selesainya pelantikan ini mereka akan di bimbing teknis selama 2 hari dan langsung di tugaskan di masing-masing kecamatan," katanya

Untuk tahapan pemilu serentak tahun 2024 telah berjalan khususnya tahapan Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan calon Peserta Pemilu tahun 2024. 

Pewarta: Riski Apriyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022