Bank Indonesia Perwakilan Jambi melakukan langkah perluasan QRIS ke perguruan tinggi ditujukan untuk dapat membangun ekosistem digital dalam kampus yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi.

"BI berharap penggunaan QRIS akan memberikan efisiensi, keamanan, dan kenyamanan dalam pembayaran non tunai di kampus di Unja dan UIN STS Jambi," kata Deputi Perwakilan Bank Indonesia Jambi, Mukti Rigowo di Jambi, Selasa saat kegiatan QRIS Goes to Campus.

QRIS Goes to Campus sendiri merupakan kegiatan mengintegrasikan seluruh metode pembayaran non tunai di kampus yang dapat digunakan menggunakan semua ponsel cerdas dengan pemindai kode QR. Dengan dukungan seluruh pihak dia berharap bahwa penggunaan QRIS ini akan memberikan efisiensi terhadap pembayaran di kampus.

Dengan dukungan penuh dari Bank Indonesia selaku regulator QRIS, PJP sebagai penyedia layanan QRIS, pemerintah sebagai penyedia infrastruktur penunjang QRIS, seluruh stakeholders lain dan tentunya dengan akseptasi pengelola dan mahasiswa pada perguruan tinggi di Provinsi Jambi terhadap teknologi selaku pengguna QRIS, optimisme akan perluasan implementasi QRIS yang membawa efisiensi pembayaran dapat terus meningkat.

"Berbagai upaya telah ditempuh oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi dalam memperluas implementasi QRIS di Provinsi Jambi, salah satunya adalah melalui agenda kolaborasi yang dilakukan Bank Indonesia dengan pengelola perguruan tinggi serta penyedia jasa pembayaran dalam rangka mendigitalisasi perguruan tinggi," katanya menjelaskan.

Pada September 2022 tercatat sebanyak 197.640 merchant QRIS di Provinsi Jambi. Sementara itu, dari sisi pengguna tercatat terdapat sebanyak 236.592 juta pengguna telah terdaftar dan bertransaksi melalui QRIS di Jambi.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr Teja Kaswari menjelaskan bahwa QRIS bukanlah hal baru di Unja, karena kantin-kantin dan pembayaran zakat di lingkup Unja sudah lama menggunakan QRIS.

“Unja sebenarnya sudah melaksanakan penggunaan QRIS, salah satunya melalui penyaluran zakat Baznas dan kantin-kantin di Unja juga sudah menggunakan QRIS. Memang belum semua, tapi dengan adanya kegiatan hari ini bisa merangsang yang lain untuk ikut," katanya.

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022