Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batanghari dan insan pers di daerah itu  melakukan sosialisasi dan fasilitasi Pemilihan Umum tahun 2024  di Taman Bunga Talang Bukit, Desa Rantau Puri, Kecamatan Muara Bulian, Selasa.

"Melalui media atau pers memiliki peran sangat penting dalam penyelenggaraan pemilu tahun 2024, karena keberadaan media ini untuk menyebarluaskan informasi tentang pemilu ," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum, A Kadir. S.IP, pada Selasa (15/11).

Kegiatan tersebut bertujuan mempererat tali silahturahmi antara para divisi Komisi Pemilihan Umum dengan seluruh insan pers baik media online, cetak, dan juga elektronik.

Bahwa pelaksanaan pesta demokrasi tersebut akan diselenggarakan secara serentak pada bulan Februari tahun 2024 mendatang.

A Kadir melanjutkan, Salah satu indikator kesuksesan pemilu adalah seberapa besar tingkat kesertaan, kepedulian dan kesadaran masyarakat dalam menggunakan hak suaranya.

"Untuk pemilu di bulan Februari 2024 nanti itu Pemilihan Presiden, Wakil Presiden, DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten tepatnya Rabu, 14 Februari 2024," ujarnya.

Menurut Ketua KPU, Insan Pers juga memiliki peran penting dalam proses pemilu salah satu diantaranya untuk melakukan sosialisasikan semua tahapan dalam proses pesta demokrasi tersebut kepada masyarakat.

Disamping itu peran dari insan pers juga dapat menjadi sarana pendidikan bagi masyarakat untuk menentukan pilihan pada perhelatan pemilu serentak tahun 2024 mendatang.

"Pers juga berperan penting dalam melakukan kontrol atas pelaksanaan pemilu, mulai dari tahapan pendaftaran hingga penghitungan suara," katanya

Selain itu, ia juga memaparkan rangkaian dalam tahapan pemilu, Pihak KPU juga membuka sesi tanya jawab antara ketua KPU dengan para Insan Pers.

Pewarta: Riski Apriyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022