Sebanyak sembilan  tim.dari kabupaten/kota  mengikuti lomba pekerja konstruksi tingkat Provinsi Jambi tahun 2022 di Kabupaten Batanghari ,  19-23 November 2022.

Lomba dibuka oleh Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan didampingi Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief. Senin.

Perlombaan pekerja  konstruksi tersebut digelar di halaman Rumah Adat Taman Bebekan Muara Bulian sebagai upaya meningkatkan kemampuan para pekerja sektor jasa konstruksi di Jambi.

Wakil Gubernur Provinsi Jambi Abdullah Sani mengatakan, lomba konstruksi tingkat Provinsi   Jambi tahun 2022 ini menjadi ajang peningkatan kompetensi serta pembinaan tenaga jasa konstruksi agar semakin kompetitif menghadapi persaingan global.

"Dengan adanya lomba ini bisa memberi sumbangsih nyata pada peningkatan kualitas pembangunan infrastruktur di Kabupaten Batanghari khususnya Provinsi Jambi dan Indonesia umumnya," ujarnya.

Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan pekerja konstruksi sebagai tenaga kerja konstruksi yang profesional dan meningkatkan kompetensi dan daya saing. Serta dapat memberikan apresiasi kepada pekerja konstruksi.

Adapun sumber dana kegiatan itu berasal dari APBD Provinsi Jambi tahun 2022. Yang mana berlangsung selama tiga hari yang dimulai dari 19- 23 November 2022.

Sementara itu, Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut dapat meningkatkan skil para pekerja.

"Peran pekerja konstruksi dalam setiap pembangunan sangat dibutuhkan, untuk di zaman sekarang sangat dibutuhkan pekerja yang kompetitif, dikarenakan dapat menentukan kualitas bangunan baik dan kokoh," katanya.

Dalam lomba itu, ada sebanyak 45 orang di mana untuk satu kelompok terdiri dari lima orang. Adapun peserta lomba ini berasal dari Kota Jambi, Kota Sungai Penuh, Kabupaten Batanghari, Sarolangun, Merangin, Tebo, Tanjung Jabung Timur dan Muara Jambi. Sedangkan untuk Kabupaten Bungo dan Tanjung Jabung Barat tidak mengirimkan peserta.

Para peserta diberi tantangan membangun gazebo sebanyak 11 unit. Satu unit gazebo dikerjakan oleh satu kelompok pekerja konstruksi dari masing-masing daerah yang mengikuti lomba tersebut.

Setelah itu, acara diakhiri dengan penyerahan kendaraan Mobile Training Unit (MTU) dari Kementerian PUPR RI yang langsung diserahkan oleh Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah II Palembang kepada Wakil Gubernur Jambi. Mobil yang berstandar SNI ini digunakan untuk pekerja konstruksi yang ada Provinsi Jambi.

Pewarta: Riski Apriyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022