Komite Olahraga Nasional Indonesia ( KONI) Kota Jambi melakukan digitalisasi sistem pendataan atlet-atlet di Kota Jambi melalui aplikasi SIDOKA.

Ketua KONI Kota Jambi Muhammad Kadafi di Jambi, Jumat, mengatakan Sistem Informasi Dispora Dan Olahraga Kota atau SIDOKA adalah layanan informasi kepengurusan dan olahraga di lingkungan KONI Kota Jambi.

"Jadi KONI Kota Jambi sudah membuat aplikasi digital SIDOKA, itu untuk memudahkan pendataan cabang olahraga dan klub di Kota Jambi," katanya.

Dengan terdaftar dan terdatanya atlet secara digital, maka ini akan mempercepat KONI Kota Jambi mengetahui jumlah cabang olahraga dan atlet yang ada di masing-masing klub.

Untuk pendaftaran, pada atlet bisa mendaftarkan secara mandiri menggunakan android masing-masing.

"Nanti ada key person dan kami sudah sosialisasikan ke semua cabang, juga atlet, siapa yang bisa menginput ya nanti terinput di satu sistem SIDOKA ini," katanya menerangkan.

Selain itu, kata dia, dengan aplikasi SIDOKA ini pihaknya dengan mudah mencari atlet, pelatih dan official jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk bertanding.

"Kemudahan lain kita bisa jadi tahu jumlah atlet di Kota Jambi. Dahulu pakai kertas semua, kita jadi tidak tahu atlet pensiun atau tidak," katanya menerangkan.

Dengan satu aplikasi ini, KONI Kota Jambi berharap pendataan atlet di Kota Jambi semakin rapi. Selain itu, tersimpan pula data-data prestasi atlet..

Adapun total jumlah atlet di Kota Jambo berdasarkan informasi dari 43 cabang olahraga yang ada sebanyak 16 ribu atlet.

"Kalau total yang sudah daftar di SIDOKA saya belum update terbaru, yang jelas kita ada 16 ribu atlet itu yang perlu kita data," katanya.

"Ini baru di KONI Kota Jambi, kemarin ada wacana KONI Provinsi pada tahun depan sudah mau mengintegrasikan sistem agar untuk PON nanti kita tahu atlet dari mana," terangnya.

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022