Tiga atlet Provinsi Jambi dari Kabupaten Tanjungjabung Barat dan Kota Jambi terpilih dan bergabung dalam program Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) persiapan untuk SEA Games 2023 di Kamboja dan Asian Games di Hangzhou, Tiongkok pada tahun depan.

"Ketiga atlet Jambi tersebut terdiri atas cabang renang atas nama Muhammad Dimas Suidarmanto merupakan atlet binaan Pengcab PRSI Kabupaten Tanjungjabung Barat, Jambi dan dua lagi Rian Rinaldo dan Yusuf Budiman dari Pengcab Kota Jambi," kata Pelatih Tanjungjabung Barat, Syaiful Hendri, di Jambi Sabtu.

Untuk perenang muda Jambi Dimas Suidarmanto akan bergabung di Pelatnas bersama sepuluh perenang putra bersama perenang dari Bali, DKI Jakarta, Jawa Timur dan Jawa Tengah, sedangkan pemain polo putra Rian dan Yusuf sudah sejak awal Oktober lalu sudah bergabung di tim pelatnas.

Ketiga atlet Jambi itu akan menjalani program pelatnas SEA Games dan Asian Games 2023, yang dipusatkan di Jakarta dan mereka juga akan mengikuti serangkaian program sampai masuk dalam tim merah putih untuk memperkuat Indonesia diarena aquatik internasional.

"Mereka juga akan menjalani serangkaian tes dan ada juga degradasi atlet jika kemampuan dan disiplinnya dianggap kurang maka bisa diganti dengan atlet nasional lainnya, namun kita berharap ketiga atlet Jambi tersebut bisa bertahan sampai ikut ke SEA Games dan Asian Games tahun depan," kata Syaiful Hendri.

Untuk Dimas Suidarmanto kesempatan mengikuti Pelatnas kali ini merupakan kesempatan dia untuk berprestasi di ajang internasional dengan tekadnya bisa masuk ke tim nasional cabang renang, sedangkan untuk Rian dan Yusuf merupakan pemain polo nasional dan mereka sudah beberapa kali memperkuat tim merah putih di pentas internasional.

"Saya berharap dengan kemampuan Dimas yang berhasil memecahkan rekor nasional di nomor gaya bebas putra pada Kejurnas lalu, diharapkan menjadi modalnya untuk masuk ke dalam barisan tim renang Indonesia dan target utama bisa meraih medali pada PON 2024 di Aceh Medan," kata Syaiful Hendri.

Dengan adanya tiga atlet Jambi bergabung di cabang aquatik terdiri atas renang dan polo air, diharapkan ke depannya olahraga ini bisa membawa harum nama Provinsi Jambi di pentas nasional dan internasional.

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022