Polri dan Universitas Jambi (Unja) menandatangani perpanjangan perjanjian kerja sama pengkajian, penelitian, penguatan kelembagaan serta membangun sinergitas yang lebih kompleks di berbagai sektor dua institusi itu.

"Harapan pimpinan Polri, bukan hanya sinergitas semu, namun juga sinergitas yang lebih kompleks lagi terhadap hal-hal yang didiskusikan bersama dengan mitra perguruan tinggi, dalam hal ini Universitas Jambi," kata Kepala Biro Pengkajian Strategis (Karojianstra) SSDM Polri, Brigjen Pol Dr Sandi Nugroho di Jambi, Rabu.

Penandatanganan perpanjangan nota kesepahaman dilakukan oleh Rektor Unja Prof Sutrisno dengan Karojianstra SSDM Polri, Brigjen Pol Dr Sandi Nugroho. Kegiatan berlangsung di Ruang Rapat Senat – Lantai 3 Rektorat Unja Mendalo, Jambi.

Perwira bintang satu itu menyebutkan, lingkup untuk kerja sama Unja dan Polri bukan hanya pendidikan dan pelatihan saja, namun juga mendorong adanya pengkajian, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan penguatan kelembagaan.

Ia juga menuturkan kepolisian membuka rekrutmen keanggotaan khusus bagi para mahasiswa berprestasi, termasuk juga peluang bagi mahasiswa terbaik Unja.

Pihaknya akan melakukan pendataan terhadap anggota Polri yang sedang melanjutkan pendidikan di Unja.

"Menjadi prestasi bagi Polri jika anggotanya bisa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi dan juga menerima anggota yang merupakan mahasiswa berprestasi," katanya

Ia menjelaskan, Polri membuka penerimaan rekrutmen keanggotaan khusus setara sarjana sebanyak 100 orang per tahun. Tentunya mahasiswa terbaik dan berprestasi yang mendapat rekomendasi rektor sebagai pimpinan universitas.

Sementara itu Rektor Unja Prof Sutrisno yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr Teja Kaswari menyebutkan kegiatan itu merupakan bagian dari sinergitas Polri dengan perguruan tinggi, dalam hal ini Universitas Jambi.

Prof Sutrisno menyebutkan, banyak hal yang dipetik dari keberlangsungan dan sinergitas dengan jajaran Polri, dimana kedua institusi itu berkolaborasi, berkoordinasi serta saling mengisi dan melengkapi dalam berbagai bidang.

Selain itu memberikan peluang kerja sama lebih luas yang menyangkut pendidikan, penelitian, juga bagi para mahasiswa serta alumni Unja.

"Kita sudah jalin sinergitas dengan kepolisian, di bidang hukum, sosial, pendidikan dan lainnya. Banyak hal juga yang dibahas dan menjadi mitra dalam mendiskusikan serta mencari solusi dari permasalahan di masyarakat. Banyak masukan yang bermanfaat," kata Rektor Unja.

Selain itu kedisiplinan, loyalitas dan kepatuhan yang berlaku di tubuh Polri, menjadi bagian dan contoh dalam membangun sistem dan pengembangan SDM yang bisa diadopsi di institusi lain, termasuk perguruan tinggi. 

Pewarta: Tuyani

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022