UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi kembali menorehkan prestasi dimana  kini berada di urutan 261 secara internasional dalam perankingan UI GreenMetric 2022. 

" Posisi UIN STS Jambi meloncat dari posisi 316 ke 261 secara internasional dalam perankingan UI GreenMetric 2022, terdapat 55 perguruan tinggi sedunia yang dilewatinya," kata Rektor UIN STS Jambi Prof. Suaidi, Rabu.

Dia menjelaskan  jumlah peserta secara internasional  juga mengalami peningkatan dari sebelumnya 956  perguruan tinggi  tahun 2021 dari 84 negara, menjadi 1.050 perguruan tinggi tahun 2022 dari 85 negara, dari tiga benua yaitu Eropa, Amerika, dan Asia.

Secara nasional Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi kembali menunjukkan prestasi luar biasanya masuk kelompok 30 Top Universitas se-Indonesia dengan ranking 29th se-UI GreenMetric World University Rankings yang diumumkan di Gedung Pertemuan UI Depok Senin, 12 Desember 2022.

" Secara nasional UIN yang terkenal dengan paradigma Transintegrasi ini meloncat dari ranking 34 menjadi 29 menyalip lima perguruan tinggi lainnya," katanya.

Lima perguruan tinggi nasional yang disalip oleh UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi pada perankingan universitas paling peduli lingkungan versi UI GreenMetic 2022 ini adalah,  UIN Walisongo Semarang, Universitas Terbuka, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Halu Oleo, Universitas Syiah Kuala. 

Sementara itu,  untuk perguruan tinggi di bawah naungan Kementerian Agama, UIN STS Jambi berhasil melampaui  posisi UIN Semarang . Adapun lima   PTKIN ranking UI GreenMetric 2022,    UIN Raden Intan Lampung dengan total nilai 8375,     UIN STS Jambi dengan total nilai 7210,     UIN Walisongo Semarang dengan total nilai 7135,     UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan total nilai 6910 dan     UIN Raden Fatah Palembang dengan total nilai 6310.

Rektor UIN STS Jambi mengucapkan rasa bangganya setelah mendengar pengumuman tersebut.

" UI GreenMetric merupakan sebuah inovasi baru sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hijau kampus," terangnya.

 Perhitungan ranking UI GreenMetric ini berdasarkan konsep lingkungan hidup, ekonomi, dan kesetaraan. Termasuk hal-hal yang sangat penting seperti konservasi air, perhitungan jejak karbon dari sektor energi dan perubahan iklim, transportasi, serta penyesuaian penilaian (scoring) dan pembobotan (weighting) untuk setiap kriteria. 

"  Terimakasih kepada orang-orang yang berperan penting dalam perankingan ini secara internal, diantaranya Wakil Rektor 1, Ketua Tim Borang UI Greenmetric Bayu Kurniawan dan Pejabat Rektorat lainnya, Para Dekan dan para Wakil Dekan, Ketua Lembaga,  Kepala Pusat, Anggota tim borang UI Green Metric," katanya menyebutkan.

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022