Pemerintah Kabupaten Bungo, Jambi, selama tahun 2022 telah membangun sebanyak 9.013 unit tengki septik individual yang tersebur di 85 dusun untuk masyarakat dalam upaya mewujudkan bebas buang air besar (BAB) sembarangan guna meningkatkan taraf kesehatan masyarakat.

"Hal ini sejalan dengan program pemerintah bahwa sanitasi berperan penting dalam perbaikan hidup yang layak serta menuju dusun Open Defecation Free (ODF) yaitu telah bebas dari perilaku BAB sembarangan," kata Bupati Bungo Mashuri saat dihubungi di Jambi, Jumat.

Disebutkan, pada tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Bungo kembali menganggarkan untuk pembangunan tengki septik individual sebanyak 1.155 unit yang akan di sebar pada 20 dusun.

Masing-masing kepala keluarga nantinya akan mendapatkan bantuan sebesar Rp8 juta dalam bentuk barang dan jasa upah tukang.

"Kegiatan ini akan dilaksanakan melalui mekanisme swakelola dengan melibatkan partisipasi masyarakat secara langsung," katanya menerangkan.

Lebih lanjut, dengan meningkatnya laju perkembangan penduduk maka dengan dibangunnya tengki septik individual ini diharapkan dapat meningkatkan taraf kesehatan masyarakat, sehingga dapat menghasilkan kehidupan yang lebih produktif.

"Setelah dibangunnya tengki septik individual ini kepada seluruh masyarakat penerima manfaat agar tidak melakukan praktek BAB sembarangan, sehingga kita semua terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh kesehatan lingkungan yang kurang baik," jelasnya.

Sejalan dengan semangat kebersamaan dalam mengemban daerah itu pula, maka Bupati mengharapkan partisipasi dan peran aktif dari seluruh komponen dan elemen masyarakat agar dapat memanfaatkan serta memelihara sarana dan prasarana yang telah dibangun ini secara berkesinambungan.

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022