Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan lima daerah Jambi untuk mewaspadai banjir dan longsor dalam sepekan ke depan karena diperkirkaan akan terjadi hujan lebat.

BMKG memprakirakan Provinsi Jambi hingga akhir Januari 2023 masih terdapat curah hujan sedang hingga lebat dan masyarakat diminta untuk tetap waspada saat melakukan aktivitas di luar rumah.

Kepala BMKG Provinsi Jambi Ibnu Sulistyo, di Jambi Kamis, mengatakan hujan lebat tersebut bisa menyebabkan bencana banjir dan tanah longsor serta pohon tumbang. Wilayah yang curah hujan dengan intensitas lebat disertai angin kencang terjadi di Kabupaten Bungo, Merangin, Sarolangun, Kerinci dan kota Sungai Penuh.

“Ada lima daerah tersebut perlu diwaspadai adanya bencana longsor dan banjir bandang," katanya Ibnu Sulistyo.

Hujan lebat disertai angin kencang tersebut masih akan mengguyur Jambi bagian barat sampai dengan awal Februari mendatang dan BMKG minta agar masyarakat tidak melakukan aktivitas di luar rumah saat hujan lebat.

Untuk daerah lainnya seperti Kabupaten Batang Hari, Kota Jambi, Kabupaten Muaro Jambi, Tanjungjabung Barat dan kabupaten Tanjungjabung Timur, masih terjadi hujan dengan intensitas sedang.

"Pada awal Februari curah hujan akan mengalami penurunan di beberapa daerah di Jambi bagian timur, salah satunya Kabupaten Muaro Jambi, Tanjungjabung Barat dan Tanjab Timur," katanya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG ingatkan lima daerah waspadai banjir dan longsor

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023