Sebanyak 311 karateka dari tujuh provinsi di Sumatera mengikuti Kejuaraan Terbuka KKI memperebutkan Piala Pangdam II/Sriwijaya di GOR Kota Baru, Jambi, 20-24 Januari 2023.

Kejuaraan karate regional Sumatera itu diikuti 27 kontingen yang terdiri atas 10 kontingen TNI dan 17 kontingen umum.

Kejuaraan Pangdam II/Swj KKI Open Turnamen Karate Championship I 2023 ini juga dapat mempromosikan Provinsi Jambi, baik tingkat nasional maupun internasional sebagai salah satu daerah di Tanah Air yang cukup berkembang untuk olahraga karate.

"Lewat kejuaraan ini kami membantu mempromosikan Provinsi Jambi, provinsi ini baru merayakan hari ulang tahun ke-66. Daerah bisa apapun seperti menyelenggarakan turnamen olahraga untuk sekaligus mensukseskan program pembangunannya,” kata Pangdam II/Sriwijaya Mayjend TNI Hilman Hadi.

Jenderal bintang dua ini juga mengucapkan terima kasih kepada para karateka yang ambil bagian pada kejuaraan ini meski kali pertama bergulir.

"Kepada adik-adik bertandinglah dengan sportif," kata dia.

Hilman Hadi berharap kegiatan ini akan berjalan berkesinambungan sehingga dapat turut andil dalam membentuk karakter positif para generasi penerus bangsa.

Menurutnya negara membutuhkan atlet mudah berbakat yang diharapkan dapat memainkan peran penting untuk bangsa dan negara di masa mendatang.

Terlebih dalam menuju Indonesia Emas 2045 dengan bonus demografinya, jangan sampai justru menjadi bencana bagi Indonesia jika tidak dimanfaatkan dan dipersiapkan dengan baik, kata dia.

Pada kesempatan itu, Pangdam juga mengingatkan para atlet muda akan perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan Indonesia dengan jiwa ksatria pantang menyerah.

Oleh karena itu menjelang 2045, Indonesia yang memiliki bonus demografi harus memetik keuntungannya dengan cara menyiapkan generasi
mudanya.

"Semangat harus ditanamkan pada generasi muda dari sekarang untuk mencapai Indonesia Emas di tahun 2045. Bermodalkan jiwa sportifitas dan pantang menyerah maka adik-adik sekalian dapat mewujudkan Indonesia Emas," kata Hilman Hadi.

Ia pun berharap nantinya para karateka yang menjuarai kejuaraan ini terus meningkatkan prestasinya sehingga bisa mengharumkan nama daerah, bangsa dan negara baik di kompetisi nasional maupun internasional.








 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023