Universitas Jambi (Unja) meluluskan 1.228 wisudawan pada wisuda ke-102 program Doktor, Magister Profesi, Sarjana dan Program Diploma pada semester ganjil tahun akademik 2022/2023.

Rektor Unja Prof Sutrisno di Jambi, Sabtu, mengatakan untuk jenjang Doktor terdapat empat wisudawan, Magister 96 wisudawan, Profesi Doktor 16 wisudawan, Sarjana 1.089, Program Diploma (D3) 20 wisudawan dan Program Diploma (D4) tiga wisudawan.

Jumlah wisudawan berdasarkan fakultas yaitu FEB 234 wisudawan, Fakultas Hukum 275 wisudawan, Fakultas Pertanian 172 wisudawan, Fakultas Peternakan 80 wisudawan, FKIP 272 wisudawan, FKIK 64 wisudawan, FST 113 wisudawan dan Pascasarjana 18 wisudawan.

Rektor mengatakan wisuda kali ini merupakan wisuda yang sangat spesiap bagi Universitas Jambi karena banyak capaian yang telah diraih.

Ia mengatakan Unja telah mengukuhkan 10 Guru Besar baru pada Kamis (19/1), capaian di bidang kemahasiswaan yang berprestasi akademik maupun non akademik baik di tingkat nasional maupun internasional, dan penghargaan pada pagelaran Anugerah Diktiristek tahun 2022.

Kemudian dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yaitu sebagai Perguruan Tinggi Kategori Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) tahun 2022 dan memperoleh Bronze Winner pada Anugerah Humas kategori PTN BLU Subkategori Siaran pers.

Selain itu Unja kembali meraih Peringkat Terbaik 3 dalam Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PKK Ormawa) tahun 2022.

Pada pengujung tahun 2022, Program Studi Kimia mendapatkan granted terakreditasi Internasional oleh Royal Society Of Chemistry (RSC) atau menyusul dua program studi sebelumnya yakni Program Studi Kehutanan oleh ASIIN dan Program Studi Ekonomi Pembangunan oleh HEEACT.

Rektor juga mengucapakan selamat kepada wisudawan Unja pada hari ini telah resmi menjadi alumni Universitas Jambi.

Ia berharap para alumni dapat menjaga nama baik almamater dan tetap menjalin komunikasi serta silaturahmi demi pengembangan institusi.

Wisuda kali ini dihadiri  Wakil Gubernur Provinsi Jambi Dr. Abdulah Sani, unsur Muspida Provinsi Jambi, Plt Bupati Muaro Jambi, Ketua dan Anggota Dewan Pengawas Unja, Ketua IKA Unja, guru besar dan anggota senat, dosen dan para orangtua wisudawan.

Wakil Gubenur Jambi dalam sambutannya mengatakan perguruan tinggi sebagai salah satu penyelenggara pendidikan memiliki peran strategis dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing global.

"Saya berharap agar perguruan tinggi yang ada di Provinsi Jambi dapat terus meningkatkan pelayanan pendidikan yang berkualitas sesuai dengan tuntutan dan perkembangan zaman," kata dia.

Ia mengingatkan mahasiswa agar menjadi lulusan yang mampu memanfaatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari kampus dengan maksimal, serta mampu berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku baik dalam agama maupun negara.

Unja sebagai universitas kebanggaan Provinsi Jambi diharapkan terus berupaya menyehatkan diri, dari hulu ke hilir mulai dari menyaring sumber daya manusianya, mengawasi proses pendidikan dan pengajaran sampai menyaring calon lulusan.

"Bukan hanya tentang kuantitas namun juga kualitas lulusan sehingga Unja dapat menjadi perguruan tinggi terbaik di Provinsi Jambi yang berkualitas dan berdaya saing tinggi dan mampu mencetak SDM unggul," kata dia.

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023