Bupati Tanjungjabung Barat (Tanjabbar) H Anwar Sadat meninjau langsung kondisi Masjid Agung Al-Istiqomah Kuala Tungkal yang tergenang air akibat banjir rob yang hampir setiap tahunnya terjadi di Kota Kuala Tungkal.

"Hari ini air akibat banjir rob tersebut sudah mulai surut dan pengurus masjid bersama warga serta dibantu aparat pemerintahan melakukan pembersihan di dalam masjid agar jemaah bisa segera kembali beribadah," kata Anwar Sadat, Kamis.

Selain merendam lantai masjid, banjir rob yang melanda Kecamatan Tungkal Ilir yang sudah terjadi setiap tahunnya ini juga mengakibatkan beberapa tempat dan ruas jalan di sekitaran Kota Kuala Tungkal ibukota Kabupaten Tanjabbar, Jambi, ikut terendam air dan bahkan di beberapa tempat ketinggian air mencapai lutut orang dewasa.

Melihat kondisi masjid tersebut, Bupati Tanjungjabung Barat perintahkan kepada Dinas terkait untuk segera mengirimkan alat pompa guna menyedot air yang masih menggenang di ruangan masjid Agung Al-Istiqomah.

"Saat ini Pemerintah Daerah hadir di tengah masyarakat bersama-sama bergotong royong untuk dan membersihkan dan mengeringkan air yang masih ada di dalam ruangan masjid," kata Anwar Sadat di sela-sela peninjauan masjid.

Bupati juga mengimbau agar masyarakat waspada dengan kondisi banjir rob yang beberapa hari terakhir ini kerap terjadi, terlebih dengan kondisi musim penghujan.

"Saya mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk selalu waspada dan siaga terhadap potensi air pasang yang tinggi," katanya.

Selain itu juga pemerintah kabupaten mengingatkan bahwa menurut laporan BMKG, besok akan ada air pasang lagi yang terjadi dua kali dalam sehari, yakni di pukul 06.00 WIB dan 16.00 WIB sehingga agar warga dapat mengantisipasi dan berjaga-jaga.*

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023