Harga kebutuhan pokok seperti beras, cabai, bawang dan minyak goreng mengalami kenaikan di pasar tradisional Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi, Kamis.

Pantauan ANTARA di Pasar Talang Inuman, beras premium merek King dan Raja mengalami kenaikan Rp3.000 sampai Rp5.000 untuk kemasan 5 kilogram dan 10 kilogram. Bahkan kenaikan sampai Rp10.000 untuk kemasan 20 kilogram. 

"Harga beras sebelumnya Rp240.000 menjadi Rp250.000," kata salah seorang pedagang Yuli.

Selain beras, minyak goreng kemasan juga mengalami kenaikan dari jumlah Rp15.000 per kilogram menjadi Rp17.000 per kilogram.

Sedangkan cabai merah besar dan cabai rawit hijau masih tergolong tinggi di kisaran Rp45.000 per kilogram dan Rp60.000 per kilogram.

Adapun sayur mayur masih tergolong stabil seperti bawang merah Rp35.000, dan ayam potong broiler masih di kisaran Rp.30.000 per kilogram.

Sementara itu, salah seorang pembeli di Pasar Talang Inuman, Riski mengatakan harga bahan pokok seperti cabai dan beras mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

"Sudah dua minggu bahan pokok ini mengalami kenaikan terutama cabai, bawang, dan telur ayam yang tadi saya beli harganya naik, mungkin karena menjelang bulan suci Ramadhan," katanya.

Ia mengatakan, dirinya harus mengeluarkan uang lebih untuk belanja kebutuhan keluarga saat ini.

"Sembako ini merupakan kebutuhan pokok, karena itu mau tidak mau tetap kita beli walaupun harus mengeluarkan biaya lebih," kata dia.

Dengan demikian, Riski mengharapkan pemerintah setempat bisa melakukan antisipasi ataupun mencari solusi terkait kenaikan harga bahan pokok ini.

"Kita berharap kepada pemerintah agar harga bahan pokok tersebut bisa menurun seperti biasanya," ujarnya.

 

Pewarta: Riski Apriyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023