Sebanyak 20 orang tim gabungan evakuasi jalur darat sudah tiba di lokasi kecelakaan helikopter yang mengangkut Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono dan tujuh orang lainnya di kawasan hutan perbukitan Tamiai, Muara Emat, Kabupaten Kerinci, Jambi, sekitar pukul 17.00 WIB, Senin.

"Tim evakuasi jalur darat ini dipimpin langsung Kapolres Kerinci AKBP Patria Yuda Rahadian sudah di lokasi," kata Kabid Humas Polda Jambi Kombes Pol Mulia Prianto, Senin.

Tim evakuasi jalur darat ini merupakan anggota Yon B Satbrimob Polda Jambi, TNI, warga setempat dan Persatuan Trial Kerinci. 

Mereka menuju lokasi titik kecelakaan helikopter Kapolda Jambi dengan berjalan kaki melewati jalan yang terjal dan berbukit sejak pukul 04.00 WIB, Senin.

Sebelumnya, pada pagi harinya, Tim SAR gabungan evakuasi jalur udara sudah lebih dahulu tiba di titik lokasi pendaratan darurat.

Saat ini sudah ada dua dokter spesialis yang berada di lokasi untuk melakukan penanganan terhadap Kapolda Jambi dan tujuh orang lainnta yang mengalami luka-luka.

Korban helikopter jatuh yang terdiri atas Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi dan tujuh orang lainnya sejauh ini gagal dievakuasi menggunakan helikopter, Senin, lantaran cuaca hujan petir di lokasi perbukitan Kerinci, Provinsi Jambi.

Meski tim evakuasi jalur udara sudah melakukan upaya hingga dua kali tetap tak mampu mengevakuasi korban.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedy Prasetyo saat konferensi pers di Jakarta, Senin, lantaran hari sudah menjelang gelap maka kegiatan evakuasi terpaksa dilanjutkan pada keesokan hari, Selasa (21/2).

Meski demikian, tim SAR dengan personel medis yakni dua orang dokter spesialis sudah berada di lokasi, dan memberikan pertolongan pertama serta penanganan luka terhadap korban.

Personil SAR dan dokter bisa diturunkan ke lokasi dari helikopter saat masih mengudara pada pukul 13.00 WIB menggunakan teknik rappeling.

"Tim medis akan bermalam di lokasi mendampingi korban hingga dievakuasi," kata Dedy.

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023