Sebanyak lima kecamatan yang ada di Kabupaten Batanghari, Jambi, sudah mulai terdampak banjir, dimana saat ini kondisi debit air Sungai Batang Hari sudah berada di status Siaga Awas.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batanghari Syamral Lubis di Jambi, Senin, mengatakan kondisi banjir saat ini memang sudah berdampak di lima Kecamatan dari lima hari terakhir, namun keadaan air masih dalam kategori tergenang.

Adapun kelima kecamatan tersebut yaitu Kecamatan Maro Sebo Ulu, Mersam, Muara Tembesi, Maro Sebo Ilir dan Muara Bulian.

Untuk itu BPBD belum dapat menentukan status banjir tersebut karena belum ada kondisi rumah warga yang terendam banjir. Saat ini akses yang mulai terdampak baru sebatas beberapa jalan, sedangkan untuk rumah warga dan fasilitas lainnya masih dilakukan pendataan oleh petugas di lapangan.

Sedangkan untuk debit air Sungai Batang Hari kini sudah di angka 303 sentimeter atau berada di Siaga Awas jika dilihat dari alat pengukur ketinggian air, kata dia, dan ini nantinya akan terus menjadi pemantauan petugas. Apabila terjadi peningkatan yang lebih tinggi lagi, lanjutnya, maka akan dilakukan tindakan pelaporan.

Sementara itu Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jambi memprediksikan di Kabupaten Batanghari akan terus mengalami curah hujan.

Dengan demikian pihaknya meminta masyarakat di daerah setempat untuk tetap terus waspada, terutama di bagian bantaran aliran air Sungai Batang Hari, sebab dari prediksi BMKG tersebut bahwa curah hujan akan terus terjadi hingga  April mendatang.
 

Pewarta: Nanang Mairiadi dan Riski Apriyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023