Pemerintah Kota Jambi mengutus 25 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mengikuti Singapore Cooperation Programme (SCP) dengan tema Public Service yang berlangsung di Singapura pada 23-31 Maret 2023, untuk mendapatkan pendidikan dan pelatihan oleh Pemerintah Singapura.  

Singapore Cooperation Programme (SCP) merupakan program yang dilakukan oleh Pemerintah Singapura untuk memfasilitasi pendidikan dan pelatihan negara-negara sahabat, terkait keterampilan teknis dan sistem yang telah dipelajari dan diperoleh Singapura selama bertahun-tahun.

Selama sepekan di Singapura, ASN Kota Jambi diberikan pelatihan terkait pengetahuan dan keterampilan terbaik dari Pemerintah Republik Singapura dalam bidang pelayanan publik, inovasi teknologi informasi, tata kelola pemerintahan yang baik dan efisien, dan pengembangan kebijakan yang berorientasi pada kepentingan masyarakat. 

Pelatihan ini gratis sepenuhnya dibiayai oleh Pemerintah Singapura sebagai bentuk kerjasama dan kemitraan strategis antara Singapura dan Kota Jambi yang telah terjalin secara baik dan kuat selama kurun waktu 10 tahun ini. 

Dalam pelatihan SCP ini, para ASN Kota Jambi mendapatkan berbagai pembekalan mulai dari pengenalan dan pendekatan Singapura dalam pemerintahan, akuntabilitas dan pemerintah publik, pengelolaan bakat dan pengembangan di dunia pasca pandemi, hingga pengelolaan SDM di pelayanan publik ala negara Singa Putih tersebut. 

Sebagai bagian dari program pelatihan, seluruh peserta ASN juga dibawa langsung ke berbagai lokasi bangunan penting milik Pemerintah Singapura, salah satunya seperti Dialogue in the Dark Singapore yaitu tempat dimana orang dari segala usia dapat merasakan bagaimana rasanya menjadi orang buta dengan tujuan agar peserta ASN terdorong untuk memikirkan apa yang dapat mereka lakukan untuk menjadi lebih inklusif di tempat kerja atau di masyarakat. 

Pelatihan ini juga menghadirkan berbagai pakar (expert) diberbagai bidang, seperti  Deputy Manager & Programme Manager Civil Service College International Isabel Liew,Director Engagement, Innovation & Professional Development Health Sciences Authority Sarojini Padmanathan, 
Learning & Development Specialist Civil Service College Singapore Kelvin Su,  beserta Associate Trainer Civil Service College lainnya. 

Sebelumnya pada awal  Maret lalu, 4 orang ASN Kota Jambi mengikuti pelatihan yang berbeda di Singapura. Pelatihan Digital Transformation in Government, Economy and Society in Asia tersebut, dihelat oleh Temasek Foundation Singapura. Pesertanya berasal dari berbagai negara di Asia Tenggara dan Asia Selatan.   

Diutus nya ASN Kota Jambi untuk mengikuti berbagai pelatihan di luar negeri ini menunjukkan bahwa Pemerintahan Kota Jambi dibawah duet kepemimipinan Wali Kota Jambi Syarif Fasha dan  Wakil Wali Kota Jambi Maulan meningkatkan kualitas kerja dan profesionalisme ASN-nya dengan mengirim mereka untuk mengikuti program pelatihan yang berkualitas dan terstruktur di luar negeri.

Dengan mengikuti program pelatihan SCP, para ASN Kota Jambi akan memperoleh profesionalitas yang lebih baik sehingga dapat meningkatkan kualitas dan efesiensi dalam memberikan pelayanan publik di Kota Jambi. Hal ini diharapkan dapat berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi. 

 

Pewarta: Tuyani

Editor : Nanang Mairiadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023