Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto meminta Dinas Perhubungan setempat untuk memeriksa sejumlah kendaraan transportasi massal untuk pemudik menjelang Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Pengecekan kelayakan ini wajib dilakukan oleh Dishub sebagai upaya untuk memastikan bahwa transportasi massal yang digunakan oleh pemudik aman," kata Edi Purwanto di Jambi, Jumat.

Dinas Perhubungan diminta untuk memastikan transportasi yang digunakan massal oleh pemudik ini layak.

"Bus-bus, kemudian travel-travel juga harus dicek, layak jalan atau tidak, ini demi keselamatan pemudik," kata dia.

Masyarakat Jambi juga ada yang menggunakan transportasi air yakni melalui pelabuhan roro dan sejumlah pelabuhan yang ada di wilayah Tanjung Jabung Barat.

Transportasi laut seperti di pelabuhan roro diminta juga untuk diperhatikan kelayakannya.

"Artinya kami berharap semua kendaraan massal ini sebelum dipergunakan oleh pemudik sudah di pastikan aman dan layak jalan," kata Edi Purwanto.

Sementara itu bagi warga Jambi yang ingin mudik ke pulau Jawa pada lebaran 2023, Pemprov Jambi memiliki program mudik gratis alias mudik tanpa biaya bantuan dari Gubernur Jambi.

Program bertajuk "Mudik Gratis Bareng Wo Haris" ini pendaftarannya dibuka hingga 13 April 2023 atau sampai kuota terpenuhi dengan syaratnya domisili di Provinsi Jambi yang dibuktikan menunjukkan KTP.

Gubernur Jambi diakun Instagram pribadinya @alharisjambi mengajak masyarakat Jambi manfaat program mudik gratis ke pulau Jawa tersebut, yang mudik ke pulau Jawa "monggo hayu muleh poro sedulur, sederet sedoyo, engkang kawulo sayangi,” tulis Gubernur Jambi Al Haris.

Mudik gratis ini untuk pemudik rute Jambi tujuan 6 kota di pulau Jawa, yakni Jambi – Brebes – Tegal – Pemalang – Pekalongan – Semarang dan Pati. Keberangkatan mudik gratis ini dilepas Gubernur Jambi pada Sabtu 15 April 2023 di Terminal Alam Berajo, Kota Jambi, pukul 10.00 WIB.



 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023