Pemerintah kabupaten (Pemkab) Tanjung Jabung Barat, Jambi, melakukan studi tiru ke Pasuruan, Jawa Timur, untuk mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Kami dari Tanjung Jabung Barat bersama jajaran perangkat daerah melakukan kunjungan studi tiru ke Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, terkait pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif," kata Bupati Tanjung Jabung Barat H Anwar Sadat dalam keterangan resminya diterima di Jambi, Minggu.

Kunjungan tersebut disambut langsung Bupati Pasuruan H M Irsyad Yusuf didampingi Sekda Pasuruan Yudha Triwidya Sasongko serta Kepala OPD Pasuruan diantaranya Kadis Pariwisata, Kepala Bapelitbangda, Kepala BPKPD dan Kabag Prokopim.

Kegiatan yang diselenggarakan di ruang kerja Bupati lantai Graha Maslahat tersebut juga diikuti oleh Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang hadir diantaranya, Kadis Disparpora, Kepala Bappeda, Kepala Bapenda dan Kabag Prokopim Setda Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Tanjung Jabung Barat menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada Pemkab Pasuruan atas sambutannya.

Menurutnya, kedatangan ke Kabupaten Pasuruan guna belajar dan melihat secara langsung perkembangan dan kiat serta upaya yang dilakukan Pemkab Pasuruan dalam mengembangkan ekonomi kreatif.

"Kedatangan kami ini berharap dapat mengembangkan kerajinan, batik, UMKM, hasil laut, Pariwisata dan juga mangrove di Kabupaten Tanjung Jabung Barat," kata Anwar Sadat.

Bupati juga memaparkan kondisi geografis Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Dijelaskannya mata pencarian penduduk Tanjung Jabung Barat mayoritas petani dan berkebun serta sebagian bergerak di sektor jasa.

Sementara itu Bupati Pasuruan Irsyad mengungkapkan rasa terima kasih atas kunjungan kerja Bupati Tanjung Jabung Barat ke Kabupaten Pasuruan. 

Ia menjelaskan tentang upaya Pemerintah Kabupaten Pasuruan dalam mengembangkan ekonomi kreatif, baik di sektor pariwisata maupun pemberdayaan Industri Kecil Menengah dan Usaha Kecil Menengah (IKM dan UKM).

Terlihat beragam produk makanan dan minuman produk UKM Kabupaten Pasuruan yang dijual di gerai Tumbas Mart, Bupati Tanjung Jabung Barat berkesempatan mencicipi kelezatan bakso dan STMJ Sakera, sembari berdialog santai tentang upaya masing-masing pemerintah daerah dalam meningkatkan nilai tambah produk IKM/UKM dan memajukan ekonomi kreatif.

 


 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023