Wakil Gubernur (Wagub) Jambi Abdullah Sani mengajak para pengurus Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Orwil Jambi untuk  bersinergi dengan Pemerintah dalam mewujudkan Provinsi Jambi Mantap 2024, yakni Maju, Aman, Nyaman, Tertib, Amanah dan Profesional.

Hal itu disampaikan Wagub Jambi Abdullah Sani pada saat Pembukaan Musyawarah Wilayah Ikatan Cendikiawan Muslim Se-Indonesia (ICMI) Organisasi Wilayah (Orwil) Jambi dan Organisasi Daerah (Orda) Provinsi Jambi yang bertempat di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Sabtu.

Dalam kesempatan tersebut Wagub Abdullah Sani juga memberikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya Musyawarah Wilayah Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Organisasi Wilayah Jambi dan Orda Provinsi Jambi.

"Saya sangat mengapresiasi Musyawarah ICMI, semoga Muswil ini berjalan dengan sukses dan lancar, menghasilkan susunan kepengurusan dan program kerja ICMI Orwil Jambi terbaik di masa mendatang demi kemajuan ICMI dan Provinsi Jambi," kata Abdullah Sani.

Lebih lanjut Wagub juga menjelaskan bahwa ICMI merupakan wadah para cendekiawan Muslim yang saat ini memiliki peran penting dan strategis.

"ICMI merupakan wadah para cendekiawan Muslim yang saat ini memiliki peran penting dan strategis yang diharapkan memiliki kemampuan berpikir, serta menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam memecahkan berbagai masalah sosial kemasyarakatan, termasuk memberikan jalan keluar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat ditingkat nasional maupun daerah," kata Abdullah Sani.

Melalui Muswil yang diselenggarakan dapat menjawab tantangan yang dihadapi oleh umat pada saat ini dan masa mendatang terutama dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), kesejahteraan umat dan filter umat dari radikalisme yang menggunakan simbol keagamaan.

"Saya yakin dan percaya bahwa ICMI dengan kapasitas dan pengalamannya selama ini dapat mendukung pembangunan di Provinsi Jambi terutama dalam pengembangan sumber daya manusia dan peningkatan kapasitas ekonomi umat," kata Wagub Sani.

Melalui Musyawarah Wilayah diharapkan akan dapat menghasilkan para kader terbaik ICMI yang terpilih yang selanjutnya menyusun program jangka pendek, menengah dan panjang, termasuk mengevaluasi kinerja tahun atau periode sebelumnya serta memilih dan menyusun ketua dan segenap pengurus demi keberlangsungan suatu organisasi ICMI.

Selain itu, Wagub Sani juga menghimbau para peserta Musyawarah Wilayah ini agar nantinya dapat menghasilkan susunan kepengurusan yang baru dan di isi oleh kader-kader terbaik.

Sementara itu sebelumnya Ketua Panitia Penyelenggara Muswil Dr H Kasful Anwar dalam laporannya menyampaikan ucapan terima kasih pemerintah provinsi yang telah membantu memfasilitasi dan mendukung terlaksananya Muswil ini, mulai dari perencanaan sampai dengan dilaksanakan dan ditempatkan di rumah dinas.*

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023