Bupati Bungo Mashuri meminta para kepala desa (kades) di daerah tersebut untuk melakukan pengembangan teknologi tepat guna (TTG) dengan memanfaatkan anggaran dana desa (ADD).

"Sangat direkomendasikan untuk melakukan inovasi pengembangan dan implementasi TTG," kata dia di Jambi, Kamis.

Ia mengatakan bahwa pemerintah desa dapat menumbuhkan ekonomi dan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di desa masing-masing melalui inovasi desa.

Hal itu, kata dia, dapat meningkatkan daya saing desa sehingga meningkatkan kesejahteraan warga.

Ia mengatakan hal tersebut juga sesuai arahan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang mendorong pemerintah daerah mendukung pemerintah desa dalam memanfaatkan ADD guna inovasi pengembangan serta implementasi TTG.

Menurut dia, inovasi tersebut juga akan mempercepat kemajuan desa-desa di Bungo.

Tentunya, kata dia, Pemerintah Kabupaten Bungo siap melakukan pendampingan terhadap para inovator desa yang memiliki komitmen terhadap kemajuan daerah.

Mashuri optimistis bahwa seluruh inovasi daerah akan menunjang peningkatan pertumbuhan ekonomi dan SDM daerah.

Oleh karena itu, ia mengharapkan kepada desa mengoptimalkan penggunaan ADD tersebut untuk kemajuan desa.

Pada Rabu (7/6), Bupati Bungo Mashuri mengikuti kegiatan Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) di Lampung untuk memfasilitasi pertukaran informasi dan promosi terkait dengan inovasi TGG dari seluruh provinsi di Indonesia.

Ia mengatakan kegiatan tersebut menjadi tempat bagi inovator, peneliti, dan praktisi teknologi mempresentasikan karya mereka serta berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam mengembangkan solusi tepat guna yang dapat diimplementasikan.

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023