Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo meresmikan sayap buruh Barisan Pekerja Persatuan Indonesia (Basperindo) untuk menyambut Pemilu 2024 dan membawa misi untuk menyejahterakan kelompok buruh.

"Perindo sebagai parpol terbuka bagi siapapun yang tentunya ingin berjuang untuk NKRI. Perjuangan itu bisa dari partai atau sayap-sayap, kita punya sayap baru yaitu Basperindo yang berjuang dari sayap buruh," kata Hary Tanoe di kantor DPP Perindo, Jakarta Pusat, Minggu.

Hary juga menginstruksikan Basperindo mengedepankan inklusifitas dan terbuka bagi siapapun yang ingin bergabung dalam misi mensejahterakan buruh.

"Basperindo harus menjaga inklusifitas artinya terbuka bagi siapapun bagi siapa saja yang ingin memperjuangkan kesejahteraan buruh, agar satu organisasi bisa berkembang dengan baik, organisasi tersebut harus bermanfaat bagi anggotanya," ujarnya.

Hary juga mengungkapkan kelompok buruh merupakan kelompok yang sangat besar di Indonesia. Kelompok buruh meliputi banyak sektor perekonomian seperti petani, melayan, dan UMKM, dan hal itu juga yang mendorongnya menyetujui pembentukan Basperindo.

Salah satu misi Basperindo adalah membangun kompetensi buruh di Indonesia dalam menyambut bonus demografi pada 2045.

Bos MNC Grup itu memprediksi lapangan kerja akan semakin berkurang seiring dengan perkembangan teknologi, oleh karena kompetensi masyarakat khususnya kelompok buruh harus terus diasah agar tak tergerus arus waktu.

Pada kesempatan yang sama Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Basperindo Arnod Sihite meyakini perjuangkan hak pekerja dan buruh memerlukan wadah politik demi mempermudah penyampaian aspirasi.

"Saya melihat kehadiran Basperindo sebagai wadah perjuangan politis pekerja dan buruh cukup penting, Aktivis Pekerja dan Buruh harus hadir dalam pemerintahan demi mempermudah dialog dengan stakeholder. Bekerjasama dengan pemerintah, pengusaha, pekerja, dan para anggota dewan legislative pusat dan daerah," kata Arnod.

Basperindo banyak menghimpun tokoh-tokoh buruh yang mempunyai visi yang sama untuk memperjuangkan kesejahteraan pekerja buruh Indonesia.

Arnod menilai, dalam perjuangan Basperindo akan mengutamakan dialog, dan memberikan ide, serta gagasan dalam memberikan solusi atas segala permasalahan yang timbul serta menempatkan buruh sebagai subjek pembangunan bangsa.

Sehingga pada akhirnya, diharapkan organisasi ini dapat memberikan sumbangsih pemikiran-pemikiran yang visioner dan revolusioner demi kesejahteraan buruh dan kemakmuran rakyat Indonesia.

"Basperindo akan memperjuangkan politik kesejahteraan dan perlindungan sosial berazaskan Pancasila, serta akan berjuang bersama dengan partai Perindo yang mempunyai visi dan spirit yang sama," pungkasnya.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023