Pemerintah Kabupaten Batanghari, Jambi mengoptimalkan kebutuhan formasi guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di daerah setempat.

Terdapat sebanyak 673 formasi guru yang dilantik dan diangkat menjadi PPPK, khususnya di Kabupaten Batanghari dari delapan Kecamatan di daerah setempat, bersama dengan PPPK untuk tenaga kesehatan dan pertanian.

Bupati Kabupaten Batanghari Muhammad Fadhil Arief di Muara Bulian, Kamis, mengatakan pelantikan guru ini merupakan salah satu upaya untuk mengisi kekosongan guru yang ada di setiap sekolah di Batanghari.

"Untuk mendapatkan sumber daya yang baik, maka harus dimulai dengan adanya ketersediaan gurunya terlebih dahulu," katanya.

Formasi PPPK tersebut, selain untuk membantu guru dan peningkatan kualitas hidup, juga untuk melayani siswa secara optimal serta membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Bupati juga menginginkan formasi PPPK guru dapat terpenuhi di setiap sekolah, karena kebutuhan guru di Batanghari sangat mendesak, baik tingkat Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP).

"Guru-guru di Batanghari sudah banyak pensiun, maka dari itu, dengan adanya PPPK guru ini bisa menutupi kekurangan yang ada," ujarnya.

Secara keseluruhan, total PPPK yang baru dilantik di Kabupaten Batanghari mencapai sebanyak 719 orang, yang mencakup tiga tenaga kesehatan, 43 tenaga teknis penyuluh pertanian dan 673 tenaga guru.

Nantinya, di bulan Agustus 2023 para pegawai PPPK tersebut sudah bisa bekerja sebagaimana mestinya sesuai dengan kewajiban serta perjanjian yang telah diucapkan.

Baca juga: Pemkab Batanghari lantik 46 pegawai PPPK tenaga kesehatan dan pertanian

Baca juga: Kabupaten Batanghari terima penghargaan Kabupaten Layak Anak 2023

Baca juga: Kasus gigitan hewan liar di Batanghari meningkat hingga pertengahan 2023

Pewarta: Riski Apriyani

Editor : Satyagraha


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023