Pemerintah Kabupaten Batanghari, Jambi akan menyiapkan rencana komprehensif (masterplan) untuk mendorong potensi daerah usai terpilih menjadi salah satu wilayah yang lolos dalam tahapan pengembangan kota cerdas (smart city). 

Kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Batanghari Amir Hamzah di Batanghari, Kamis, mengatakan penyiapan rencana tersebut dilakukan agar kawasan Batanghari bisa mencapai potensi daerah yang diharapkan.

Ia mengatakan peran serta kecamatan di Kabupaten Batanghari akan dilibatkan dalam pelaksanaan kota cerdas yang didukung Kementerian Komunikasi dan Informatika, terutama dalam pelaksanaan sistem pemerintahan berbasis elektronik.

"Keterlibatan dari semua sektor stakeholder juga perlu dilakukan, dalam mendukung capaian smart city," kata Amir, terkait program smart city di Batanghari yang berjalan sejak 2022.

Amir pun memastikan pengembangan kota cerdas dengan memanfaatkan seluruh potensi sumber daya ini nantinya akan mempertinggi efisiensi kerja, memperbaiki layanan publik, sekaligus meningkatkan kesejahteraan warga.

Saat ini, sebagai tahapan awal untuk mewujudkan kota cerdas, Pemerintah Kabupaten Batanghari telah melakukan pemasangan wifi gratis di berbagai fasilitas publik yang ada.

Selain itu, juga telah dilakukan penyediaan fasilitas kuliner bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yaitu Pedestrian Foodcourt Sudirman, di Kawasan GOR Basket, Kecamatan Muara Bulian.

Baca juga: Pemkab Batanghari siap aktifkan belasan embung antisipasi El Nino

Baca juga: Pemkab Batanghari ajak masyarakat pasang bendera merah putih

Baca juga: Pemkab Batanghari resmikan pujasera untuk perkuat ekonomi daerah

Pewarta: Riski Apriyani

Editor : Satyagraha


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023