Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak menuju Republik Persatuan Tanzania, Senin, melalui Bandar Udara Internasional Jomo Kenyatta Nairobi, sekitar pukul 15.40 waktu setempat.

Dilansir dari keterangan tertulis Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, di Jakarta, Senin, Tanzania merupakan negara tujuan kedua yang didatangi Jokowi dalam lawatannya ke Afrika kali ini.

Sebelumnya, Jokowi berserta rombongan terlebih dahulu tiba di Kenya bertemu dengan Presiden William Ruto di State House, Nairobi untuk membahas peningkatan perdagangan kedua negara dan menghasilkan kerja sama konkret di bidang ekonomi.

Dalam pertemuan itu, Jokowi mendorong agar kemitraan antara negara-negara berkembang terus diperkuat menjadi lebih kokoh.

“Dalam kondisi ketidakpastian global saat ini, sudah saatnya kita memperkokoh kembali 'Spirit Bandung' antara negara 'The Global South',” ujar Presiden.

Presiden Jokowi didampingi Presiden Republik Kenya William Ruto mengikuti upacara pelepasan dengan iringan lagu kebangsaan masing-masing negara yang digelar di halaman State Pavillion, Bandar Udara Internasional Kenyatta Nairobi.

Turut melepas keberangkatan Presiden Jokowi, yakni Presiden Republik Kenya William Ruto, Kepala Protokol Negara Republik Kenya Betty Chewron, Menteri Pertambangan, Ekonomi Biru, dan Kemaritiman Salim Mvurya selaku Escort of Honour, dan Istri Duta Besar RI untuk Republik Kenya Zulfah Nahdliyati Saripudin.

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023