Harga cabai merah di pasar tradisional di Kabupaten Batanghari, Jambi terpantau mengalami kenaikan hingga mencapai Rp40.000 per kilogram

Sebelumnya, harga cabai merah yang mencapai Rp25.000 per kilogram, tercatat naik rata-rata sekitar Rp15.000 per kilogram.

"Untuk harga hari ini sudah turun menjadi Rp40.000 per kilogramnya, sebelumnya mencapai Rp45.000 per kilogramnya," kata Kepala Bidang Perdagangan Disdagkop UKM Batanghari Edi Sabara di Muara Bulian, Kamis.

Kenaikan harga cabai merah ini disebabkan pasokan yang masuk ke Batanghari terbilang sedikit, karena panen yang gagal. Saat ini, pasokan pangan tersebut kebanyakan berasal dari luar daerah.

"Kenaikan itu disebabkan karena stok cabai merah keriting sangat terbatas, apalagi banyak petani cabai gagal panen akibat musim kemarau saat ini," ujarnya.

Kondisi itu juga menyebabkan masyarakat mulai mengurangi konsumsi cabai, agar daya beli tidak tergerus oleh kenaikan harga cabai merah tersebut.

Sementara itu, harga pangan lainnya seperti harga bawang putih terpantau Rp36.000 per kilogram, cabai rawit merah Rp45.000 per kilogram, cabai rawit hijau Rp30.000 per kilogram, ayam ras Rp25.000 per kilogram, dan harga daging sapi maupun kerbau juga berkisar Rp130.000 per kilogram.

Meskipun saat ini harga-harga pangan lainnya terbilang stabil, pihak terkait tetap melakukan pemantauan harga setiap harinya agar tidak terjadinya lonjakan harga.

Baca juga: BI antisipasi dampak El Nino terhadap harga pangan melalui GNPIP

Baca juga: Pemkab Bungo gelar bazar subsidi harga pangan

Baca juga: BPS sebut penurunan harga pangan picu deflasi Kota Jambi dan Bungo
 

Pewarta: Riski Apriyani

Editor : Satyagraha


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023