Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jambi memberikan pelayanan KB secara gratis dalam rangka Hari Kontrasepsi se-Dunia kepada keluarga di seluruh wilayah di Provinsi Jambi mulai 26 September hingga 4 Oktober 2023.

"Selain memberikan pelayanan KB gratis dalam momentum hari kontrasepsi, BKKBN Jambi juga akan melakukan sosialisasi kesehatan dan pencegahan stunting kepada masyarakat," kata Kepala Perwakilan BKKBN Jambi Putut Riyatno, M.Kes, di Jambi Selasa.

Ia menjelaskan BKKBN Jambi berkoordinasi dengan Korem 042/Gapu akan terus melakukan monitoring kegiatan pelayanan KB di lapangan. Selain itu, BKKBN juga menggandeng seluruh organisasi perangkat daerag (OPD) di tingkat Pemprov Jambi dan stakeholder lainnya untuk mendukung kegiatan ini.

"Pelayanan KB yang kita berikan ini gratis, berupa KB MKJP seperti Implant, IUD maupun non-MKJP seperti kondom, pil KB dan suntik akan diberikan secara gratis kepada masyarakat," katanya.

Ia  juga menyebutkan output dari kegiatan ini adalah bagaimana masyarakat menerima dan mendapatkan pemahaman tentang pentingnya untuk menjaga dan merencanakan keluarga melalui program keluarga berencana.

"Jadi pelayanan kontrasepsi ini dalam rangka meningkatkan kualitas keluarga untuk memenuhi kesehatannya, termasuk juga memenuhi tingkat kesehatan keluarganya," katanya.

Melalui program KB ini, sasaran pertamanya setiap keluarga mampu menentukan jarak kelahiran, kedua bisa menentukan kehamilan berikutnya, dan juga bisa menjaga kesehatan baik ibu maupun bayinya.

Dalam waktu sepekan ke depan BKKBN Jambi harus mencakup 13.842 akseptor sesuai dengan targetnya per masing-masing kabupaten kota dan ke depan,

BKKBN Jambi bersama OPD KB di kabupaten/kota akan melakukan kegiatan monitoring pelayanan tersebut mana yang telah memenuhi cakupan pelayanan mana yang belum, demikian Putut Riyatno.
 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023