PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Jambi memperkuat pemahaman tenaga  bongkar muat (TKBM) dan tenaga operasional lapangan tentang keselamatan dan kesehatan kerja (K3) untuk meningkatkan produktivitas kerja di pelabuhan.

Plh General Manager Pelindo Jambi Lingga Ginanjar di Jambi, Jumat, mengatakan peningkatan kapasitas dan pemahaman K3 bagi tenaga bongkar muat dan operasional lapangan ini menjadi komitmen Pelindo untuk meningkatkan profesionalisme pekerja khususnya mengenai K3.

Ia menegaskan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 1 tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja, setiap perusahaan dituntut untuk  melakukan pembinaan terhadap tenaga kerja agar dapat menghindari tingkat kecelakaan kerja serta meningkatkan kesadaran para tenaga kerja akan pentingnya pengetahuan dan sifat kepedulian terhadap program K3 demi tercapai suasana kerja yang lebih baik.

Sebanyak 20 orang peserta yang terdiri dari TKBM, dan tenaga operasional lapangan mendapatkan kesempatan pengembangan kompetensi sumber daya manusia.

Lingga mengatakan bahwa Pelindo Jambi berupaya mengoptimalkan standardisasi keamanan dalam kegiatan operasional pelabuhan serta mengimbau seluruh pekerja maupun pengguna jasa untuk selalu waspada dan selalu mengutamakan K3 saat bekerja.

Kepals Dinas Nakertrans Provinsi Jambi Bahari Panjaitan berharap program pelatihan keahlian K3 muda ini dapat membekali, meningkatkan, dan mengembangkan kemampuan para TKBM dan tenaga operasional lapangan mengenai prosedur pelaksanaan kerja dan pengetahuan mengenai bahaya yang ada di lapangan  beserta pencegahannya.

Pewarta: Tuyani

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023