Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meresmikan Hari Ekonomi Kreatif Nasional (Hekrafnas) pada Selasa (24/10/2023).

Sandiaga, dalam keterangan di Jakarta, Rabu, menjelaskan peringatan Hekrafnas setiap tanggal 24 Oktober merupakan bentuk perayaan dari semakin pesatnya perkembangan sektor ekonomi kreatif di Indonesia yang berhasil menduduki peringkat ketiga persentase PDB (produk domestik bruto) ekonomi kreatif dunia.

"Ini juga diperkuat dengan Undang-Undang tentang Ekonomi Kreatif yang dikeluarkan pada 24 Oktober 2019 dan PP Nomor 24 tahun 2022," ujar Sandiaga dalam sambutannya saat acara peresmian Hekrafnas di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat.

Sandiaga mengatakan peringatan Hekrafnas diharapkan dapat dirayakan dan diperingati oleh para pelaku ekonomi kreatif dan seluruh masyarakat Indonesia.

Terlebih, ujarnya, sektor ekonomi kreatif menjadi salah satu lokomotif kebangkitan perekonomian Indonesia dalam menyongsong Indonesia Emas tahun 2045.

"Salah satu (faktor) yang akan membuat Indonesia maju adalah ekonomi kreatif dan ekonomi kreatif adalah masa depan ekonomi Indonesia," kata Sandiaga.

Oleh karena itu, Sandiaga mendorong para pelaku ekonomi kreatif di seluruh Indonesia untuk selalu meningkatkan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi.

"Saya harap peringatan Hari Ekonomi Kreatif Nasional ini bisa menjadi penyemangat untuk kita semua, dan mari kita rayakan karena kalian semua adalah pahlawan ekonomi," ucapnya.

Peringatan Hekrafnas pertama ini juga diisi dengan penyerahan penghargaan kepada tiga pelaku ekonomi kreatif nasional yaitu sastrawan Putu Wijaya, fotografer Darwis Triadi, dan penyanyi Titiek Puspa.

Pewarta: Farhan Arda Nugraha

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023