Pisang adalah salah satu jenis buah yang banyak disukai masyarakat Indonesia yang  bisa diolah menjadi beragam makanan diantaranya adalah keripik pisang yang menjadi pilihan usaha kalangan muda.

Salah satu usaha yang memanfaatkan olahan pisang ini adalah produk UMKM dengan nama Keripik Anak Rantau atau yang dikenal dengan nama "Keran Lumer". Keran Lumer adalah makanan olahan pisang yang memiliki citarasa bervariasi yaitu cokelat, matcha atau green tea, strawberry dan tiramisu.  Dengan perpaduan rasa gurih dari pisang serta berbagai varian rasa yang ada menambah nikmatnya kudapan satu ini.

Keran Lumer adalah produk asli dari Kota Jambi dan baru memasuki pasar kuliner Jambi sejak Oktober 2023 yang dibuat oleh dua mahasiswi asal Jambi. Meski masih tergolong baru tapi Keran Lumer mendapatkan animo dari konsumen hingga ke luar kota.

"Di awal merintis usaha menerima pesanan hingga 150 bungkus hingga di kirim ke luar kota diantaranya ke Prabumulih, Sumsel," kata Pemilik usaha Keran Lumer Feni Ayu Astuti dan Salma.

Keran Lumer memiliki target pasar kalangan mahasiswa dan pelajar sehingga keripik pisang ini dijajakan dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp5 ribuan.  Pemilik memanfaatkan media sosial instagram untuk memasarkan produk keripik pisang mereka melalui akun @keranlumerjbi_.

Sebagai informasi, selain nikmat ternyata pisang memiliki banyak manfaat  bagi kesehatan diantara membantu atasi hipertensi, meningkatkan kekebalan tubuh, mampu menurunkan berat badan, dan pisang sebagai 'Mood Food' yang mendorong pembentukan hormon serotonin di dalam otak yang bisa menimbulkan perasaan senang.


 

Pewarta: Taliqa

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023